Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 9, 2013 in Internet | 0 comments

9 Macam Peluang Bisnis di Internet

Dunia internet telah menyediakan berbagai kemudahan bagi pencari kerja dan penyedia pekerjaan. Bisnis di internet semakin mudah untuk dijalani dan dikembangkan. Pada dasarnya, cara berbisnis online tidak jauh berbeda seperti berbisnis di dunia real atau nyata. Kebanyakan bisnis online atau kerja online tidak mengharuskan anda menghabiskan waktu di perjalanan menuju lokasi pekerjaan, anda hanya cukup menyediakan sarana seperti misalnya pc/laptop, dan koneksi internet.

Peluang bisnis online itu sangat banyak. Biasanya, orang akan bertanya, bisnis yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan income dari internet itu apa saja? Kerja online apa saja yang dapat saya lakukan? Pertanyaan ini akan membutuhkan banyak waktu untuk menjelaskannya satu persatu secara detail.

Pertanyaan berikutnya yang juga banyak diajukan, adalah bagaimana cara berbisnis online? Bagaimana cara saya memulainya? Pertanyaan seperti ini bisa dijawab lebih spesifik jika anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis peluang

info peluang bisnis online

Image courtesy of cooldesign | freedigitalphotos.net

usaha online apa yang bisa anda lakukan. Cara pertama yang dilakukan biasanya mengharuskan anda untuk register atau mendaftarkan diri anda terlebih dahulu, di berbagai macam situs penyedia program online earning (pendapatan online). Banyak yang tidak membutuhkan curriculum vitae, dan ada pula yang mensyaratkannya. Tergantung masing-masing penyedia program tersebut. Berikut ini akan infodari kupas sedikit seputar tentang info bisnis yang dapat anda lakukan di dunia internet. Masing-masing akan dijelaskan secara singkat disertai dengan contoh-contoh situs terkait.

Macam-macam jenis bisnis di internet atau bekerja di dunia internet

1. PPC (Pay per Click)

Pay per click adalah salah satu bisnis online yang memberikan bayaran pada setiap tayangan iklan yang diklik  oleh pengunjung situs / blog.

Contoh situs:

PPC internasional: google adsense, chitika.com, bidvertiser.com, dll.

PPC lokal: sitti.co.id, adsensecamp.com, idblognetwork.com, kliksaya.com, dll

2. Pay per Impression (PPI)

Program pay per impression akan memberikan bayaran  pada setiap tayangan iklan, tidak seperti ppc yang akan diperhitungkan saat di klik saja. PPI ini juga biasanya dikenal dengan program Pay per Million (Pay per million), yang membayar pemilik blog pemasang iklan-iklannya, per 1000 impressi atau tayangan.

Contoh: tribalfusion.com, matomymedia.com, smowtion.com, xtendmedia.com, paid-to-promote.net, skycpm.com, burstmedia.com, cpmfun.com, dll.

3. Pay per Action (PPA)

Pay per action adalah program bisnis online yang memberikan bayaran pada saat anda melakukan action atau aktivitas, bisa berbentuk klik, mengklik iklan, mengisi form, dan yang lainnya, di banyak situs yang menyediakan program ini. Program PPA ini juga dikenal dengan sebutan Click per Action (CPA).

Contoh: cpalead.com, affiliate.com, hydranetwork.com, clickbooth.com, maxbounty.com, neverblue.com, perfly.com, triadmedia.com, dll.

4. Text Link Ads

Text link ads adalah program penayangan iklan berupa text yang terpasang pada blog atau situs yang anda miliki. Penghasilan akan bergantung pada lalu lintas, topik, page rank, serta keseuaian kata kunci yang digunakan pada blog / situs anda.

Contoh: infolinks.com, kontera.com, teliad.com, text-link-ads.com, dll.

5. Paid to Review (PTR)

Paid to review akan membayar jika anda mengerjakan review terhadap suatu produk atau jasa. Anda sendiri dapat menjadi broker, atau sebagai publisher.  Program ini juga sering disebut dengan kegiatan bid blog.

Contoh, linkworth.com, reviewme.com, buyblogreviews.com, getgoodlink.com, microworkers.com, fiverr.com, sponsoredreviews.com, blogvertise.com, smorty.com, payperpost.com, payingpost.com, reviewstream.com, dll.

6. Paid to Survey (PTS)

Paid to survey akan memberikan komisi kepada anda setelah anda berhasil melakukan survey yang mereka berikan. Isi survey dapat mengenai berbagai aspek dan subjek.

Contoh: surveysavvy.com, ipanelonline.com, viewfruit.com, awsurveys.com, paidviewpoint.com spidermatrix.com, nusaresearch.net, dll.

7. Paid to Write (PTW)

Paid to write merupakan program bisnis online yang banyak digemari. Bagi anda penulis, dapat menggunakan program ini untuk meraup dollar.  PTW akan membayar anda dari tiap tulisan yang anda tulis. Setiap situs memiliki syarat dan ketentuan atas penghasilan yang akan anda dapatkan untuk dapat terlibat menjadi penulis di situs-situs mereka. Besar kecilnya pendapatan biasanya bergantung kepada kualitas, popularitas, komentar, like, juga kunjungan ke posting-posting atau tulisan-tulisan yang anda buat.

Contoh: triond.com, expertscolumn.com, publish.us, redgage.com, bubblews.com, dsb.

8. Jual Beli

Anda dapat menawarkan berbagai barang dan jasa.

Menjual macam-macam barang dengan sistem komisi. Barang dapat berupa pakaian anak, elektronik, sepatu, tas, hp, pulsa, mobil, motor, dan yang lainnya. Dapat juga berupa barang-barang perangkat lunak seperti ebook, buku panduan, software, internet tools, seo tools, dan yang lainnya.

Anda juga dapat melakukan jual beli website, contohnya seperti di flippa.com atau di websitemarket.

Jasa yang ditawarkan misalnya jasa writer atau penulis, link building, membuat website, membuat berbagai akun, membuat logo, jasa SEO, jasa data entry, jasa design, pemberi like, pencari follow di twitter, pengomentar, dan masih banyak lagi. Ini artinya, anda dapat menggunakan internet untuk mendapatkan income dengan skill yang anda miliki. Semakin banyak pengalaman, dan reputasi baik, maka nilai atau rating harga kemahiran anda akan naik. Seperti layaknya di dunia nyata, anda dapat memilih pekerjaan yang benar-benar anda kuasai untuk mendapatkan gaji per jam atau harian, atau bahkan bulanan. Ada beberapa diantara pencari kerja yang juga akan melakukan interview sebelumnya, ada juga yang tidak.

Contoh: fiverr.com, microworkers.com, odesk.com, elance.com, freelancer.com.

9. Affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan bisnis online yang memberikan bayaran atau komisi kepada orang yang berhasil menjual suatu produk atau jasa dari merchant tertentu.

Jenisnya ada yang pay per sale (komisi per penjualan), recurring affiliate (komisi rutin yang tetap dan berkala), ray per lead (komisi jika mendapat downline), dan hybryd (komisi dari perpaduan dari 3 jenis yang disebutkan sebelumnya).

Contoh: clickbank.com, viralgen.com, amazon.com, ebay.com, dll.

Dari semua peluang bisnis online diatas, saya sudah mencoba dan mengikuti beberapa diantaranya. Semua jenis pekerjaan membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kemauan untuk terus belajar dan berkembang. Semakin anda berpengalaman, dan tidak mudah putus asa, maka sukses akan menanti anda di kemudian hari.

* Tips penting yang harus diingat, dunia online memang lebih beresiko dan sarat akan penipuan. Anda harus berhati-hati memilih situs tempat dimana anda bekerja. Pastikan anda bekerja pada perusahaan atau situs yang benar-benar terpercaya. Pastikan situs atau pekerjaan yang akan anda dapatkan bukan merupakan situs scam, atau situs-situs yang tidak terbukti membayar para anggotanya. Maka dari itu, usahakan anda cari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu, sebelum anda mengikuti salah satu atau beberapa perusahaan atau situs yang menawarkan berbagai macam bisnis di online. Buat pengamanan password yang kuat dan berbeda-beda pada masing-masing akun anda di dunia online.

Banyak peluang usaha di internet yang melibatkan kepemilikan situs atau blog. Tak heran, jika hingga saat ini, pembuat atau pemilik blog semakin meningkat terus jumlahnya dari tahun ke tahun. Bisnis di internet ternyata dapat dijadikan pilihan mendapatkan pendapatan yang menjanjikan, baik sebagai pekerja tetap, maupun pekerja paruh waktu. Salam sukses!

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven × 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>