8 Trik Membuat Video Ramah SEO

Bagaimana trik cara membuat video untuk meningkatkan SEO blog? Selain gambar, video juga dapat dimanfaatkan untuk SEO dan bersaing di peringkat search engine. Jika kamu perhatikan, saat melakukan pencarian dengan keyword di search engine, maka kamu dapat menemukan hasil pencarian berupa video diantaranya. Ini merupakan salah satu fitur universal search yang dimiliki mesin-mesin pencari.

Bahkan sekarang, kabarnya halaman situs atau blog tentang “About Us” atau “Tentang Kami”, sudah tidak lagi berupa teks tulisan. Sekarang sedang trend isi halaman itu dengan video dari rekaman berbicara pemilik situsnya sendiri. Ia dapat memaparkan tentang visi dan misi perusahaannya, atau menceritakan siapa dirinya, atau menceritakan visi dan misi blognya melalui video tersebut.

8 trik membuat video untuk SEO
Image courtesy of David Castillo / FreeDigitalPhotos.net

Selain menambah konten blog, video juga dapat membuat blog kamu lebih menarik serta lebih hidup. Ada beberapa trik untuk dapat memanfaatkan video untuk SEO, dan dapat bersaing untuk menduduki halaman pertama di mesin pencarian. Lalu bagaimana caranya agar dapat membuat video untuk meningkatkan SEO blog kamu? Yuk ikuti triknya berikut ini.

8 Trik Membuat Video untuk Dongkrak SEO blog

1. Buatlah klip video yang baik, relevan, dan dapat menyampaikan informasi. Video yang dibuat tidak keluar jalur dari topik blog kamu. Apalagi jika membuat video yang berisi tentang tutorial, panduan, atau video-video lain yang menjelaskan secara langsung artikel yang kamu tulis di blog. Jika isinya tentang pembicaraan atau tutorial, hindari membuat video yang terlalu bertele-tele.

2. Buat video dengan judul yang menarik dan dapat menarik perhatian pengunjung. Seperti halnya membuat artikel, cobalah untuk membuat video menarik dan buat penasaran, yang kira-kira banyak orang yang membutuhkannya. Judul dan isi video harus relevan.

3. Lakukan promosi dan upload video kamu di berbagai media, selain di blog kamu. Misalnya dengan mengunggahnya ke YouTube, Yahoo Video, atau ke yang lainnya, dengan judul yang sama. Disitu kamu dapat menyisipkan dan mendapatkan link balik (backlink).

4. Jangan mengupload dan membuat video dengan durasi terlalu lama. Biasanya orang malas melihat jika isi videonya terlalu lama, apalagi jika isinya bertele-tele. Maksimal 5 menit sudah cukup.

5. Untuk memudahkan search engine mengindeks video-video yang kamu buat, maka buatlah sitemap. Selain memudahkan pengunjung untuk mencari video yang mereka butuhkan, maka juga akan berguna untuk robot search engine mengenali video kamu.

6. Dalam hal memanfaatkan video untuk meningkatkan SEO, jangan lupakan pemberian tag, keyword atau kunci pada video yang kamu buat. Usahkan salah satu keyword tercantum juga dalam judul videonya. Hal ini dilakukan tidak jauh berbeda dengan pembuatan artikel pada umumnya agar ramah SEO. Jika perlu daftarkan kepemilikan sah dan keabsahan video kamu ke DMCA atau copyright lainnya, ini juga akan lebih baik pengaruhnya ke SEO.

7. Beri fasilitas share pada video kamu, agar memudahkan orang lain untuk berbagi atau menshare video yang disukainya ke teman-temannya. Dengan begitu, semakin banyak kesempatan video kamu disaksikan oleh lebih banyak orang, sehingga dapat mendongkrak SEO.

8. Saat menyediakan link, maka jangan lupa juga untuk membuat html link yang merujuk ke blog asli atau blog kamu yang merupakan pemilik asli video yang ditayangkan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: