8 Tips Membuat Password Kuat dan Aman dari tangan Hacker dan Keylogger

Pencurian data pribadi maupun organisasi merupakan satu kejahatan yang semakin hari semakin merajalela. Masih banyak orang yang membuat password tidak kuat atau lemah, sehingga tidak cukup kuat untuk melindungi akun-akun penting mereka. Tangan-tangan hacker semakin lihai beraksi. Termasuk diantaranya pencurian password di berbagai akun yang ada di internet.  Ini akan sangat berbahaya, apalagi jika akun tersebut berhubungan dengan akun keuangan atau bank yang dimiliki pengguna internet. Untuk mengantisipasi jebolnya password dari aktivitas hacker dan keylogger, maka infodari punya 8 tips ampuh membuat passoword kuat di semua akun yang anda miliki di internet.

membuat password kuat dan aman dari keylogger dan hacker
Image courtesy by phanlop88 } freedigitalphotos.net

Membuat password kuat dari ancaman hacker sebaiknya menggunakan abjad, angka, atau simbol yang mudah diingat. Namun jangan lakukan trik ini untuk akun-akun anda yang sifatnya sangat pribadi, seperti misalnya password pada akun atm atau kartu kredit, password di sistem pembayaran online, dan akun-akun yang benar-benar bersifat privasi lainnya.

8 TIPS AMPUH MEMBUAT PASSWORD KUAT, AMAN DAN ANTI BOCOR

1. Buat password yang unik

Jika anda memiliki banyak akun di situs yang berbeda-beda, maka sebaiknya jangan gunakan password yang sama diantara satu sama lainnya. Misalnya email password facebook jangan samakan dengan email password yahoo anda. Anda dapat bayangkan, sekali penyerang atau hacker password mendapatkan password anda, maka akan sangat mudah untuk membobol password akun anda di situs lainnya yang anda miliki.

Memang akan membuat anda sedikit kerepotan jika jumlah akun yang anda miliki berjumlah ratusan atau bahkan ribuan. Namun anda dapat membuat catatan khusus yang mencatat username dan password pada setiap akun yang anda miliki. Bahkan terkadang seseorang sengaja membuat facebook atau membuat twitter lebih dari satu akun. Usahakan catatan itu tidak tersimpan dalam komputer, handphone, atau gadget lainnya, buat daftar secara manual saja berupa tulisan. Atau jika memang perlu dibuat daftar dalam file komputer, maka gunakan password lagi yang benar-benar kuat untuk mengakses file rahasia tersebut.

2. Buat Password yang Panjang

Biasanya pembuatan password dibatasi minimal 6 atau 8 karakter. Namun demikian, buatlah password yang lebih panjang, dan jangan kurang dari 12 karakter. Semakin panjang karakter yang digunakan, maka akan semakin dibutuhkan waktu lebih lama dan lebih sulit untuk didapatkan oleh para hacker password.

3. Gunakan Kombinasi Cryptic

Jangan membuat password berupa kata atau kalimat, password seperti ini akan mudah ditebak, diingat, dan mudah ditemukan. Misalnya seperti membuat password yang mengambil tempat tanggal lahir, nama belakang, kota kelahiran, nama orang tua/anak/suami, atau nomer telepon.

Buatlah password kuat dan aman dengan menggunakan kombinasi cryptic atau simbol-simbol tertentu, yang dapat divariasikan susunannya sesuka anda.

4. Beri Data Palsu Untuk Pertanyaan Recovery Password

Setiap website, biasanya menyediakan fasilitas recovery password, misalnya saja pada sistem – lupa password email -. System ini digunakan untuk memudahkan anda mendapatkan kembali password yang lupa atau hilang, baik dengan mengembalikan password lama, atau dibuatkan password baru secara random. Password recovery ini biasanya akan dikirimkan melalui email yang terdaftar di masing- masing akun yang anda miliki. Contoh lainnya seperti pada sistem yang diberikan lupa password twitter. Sementara itu, hacker sangat mudah melakukan hacking pada email. Para hacker juga sangat sering memanfaatkan recovery password ini untuk aksi hacking mereka.

Jika pertanyaan rahasia yang diajukan untuk mendapatkan password anda kembali mudah dijawab, maka akan mudah pula para hacker menebak dan mendapatkan password anda. Misalnya saja, pertanyaan recovery seperti “Siapa nama ibu kandungmu?”, “Siapa nama binatang kesayanganmu?”, “Kapankan ayahmu meninggal?”, “Apakah makanan favoritmu?”, “Dimana kota tempat lahirmu?”, “Siapa nama ayah / ibumu?”, akan sangat mudah didapatkan sebagai data pencurian password, jika anda menggunakan jawaban yang benar. Maka dari itu, sebaiknya gunakan jawaban palsu atau tidak benar! Catat dalam catatan rahasia akun kumpulan password anda agar anda tidak lupa jawabannya.

5. Hindari Penggunaan Samaran Huruf dengan Angka

Anda mungkin pernah bermaksud membuat password dengan menggunakan huruf atau angka untuk menyamarkan password. Hindari pembuatan password seperti. Seperti misalnya yang biasa digunakan pada sms gaul, “speak” menjadi “5p34k”, “semangat” menjadi “s3m4n94t”, dan yang lainnya. Hal seperti ini juga akan sangat menguntungkan para hacker, mereka akan mudah mendeskripsi password yang seperti ini sebagai Byte Null.

6. Rutin Merubah Password

Jangan biarkan akun anda menggunakan password yang tetap atau selalu sama untuk waktu yang sangat lama atau bahkan selamanya. Buatlah kembali password pada akun anda pada setiap jangka waktu tertentu. Misalnya saja akun email google atau yahoo, biasanya menawarkan perubahan password pada setiap jangka waktu tertentu. Atau anda bisa mengganti password anda secara manual, misalnya setiap sebulan sekali, atau 2 bulan sekali.

7. Jaga Kerahasiaan Password

Jangan pernah memberitahukan password kepada siapapun, sekalipun orang terdekat. Bukan masalah percaya atau tidak percaya, terkadang tanpa disadari, ada perilaku yang yang dapat mengundang hacker beraksi, padahal teman atau kerabat anda tidak bermaksud membocorkannya. Misalnya saja, secara tidak sengaja ia mengakses akun anda di warnet yang ternyata terdapat virus keylogger-nya (virus pencatat password otomatis terdeteksi dari aksi keyboard). Nah, itu akan sangat berbahaya.

Jangan juga gunakan aplikasi apapun, seperti aplikasi di web browser cache yang anda gunakan untuk mencatat dan mengingat password. Juga jangan gunakan penggunaan software yang membuatkan password (password suggestion). Perlu diingat, bukan anda satu-satunya pengguna software tersebut bukan? Jadi mungkin di luar sana akan ada password yang sama dari hasil kombinasi password yang dihasilkan software pembuat password tersebut.

8. Gunakan Keyboard On-Screen

Seperti yang sebutkan di point 7, ada virus keylogger yang dapat membobol password melalui aktivitas keyboard, maka sebaiknya gunakan onscreen keyboard untuk memasukkan password saat anda login ke banyak akun yang anda miliki di internet. Anda dapat menggunakan Keyboard Viewer, sehingga anda tidak perlu menekan tombol langsung dari keyboard anda. Akan ditampilkan virtual keyboard untuk memasukkan password. Atau anda juga dapat menggunakan plugin pada browser anda untuk keystroke encryption. Dengan begitu, anda juga dapat mengantisipasi atau mempertahankan kerahasiaan password anda dari para keylogger atau hacker.

Perhatikan dan cermati cara-cara tersebut, baik yang sudah memiliki ataupun saat membuat akun email baru, akun di jejaring sosial, maupun akun-akun lainnya. Pastikan juga bahwa anda telah beraktivitas email yang benar. Lindungi password anda dengan menggunakan 8 cara diatas, sehingga akun anda dapat tetap aman dari para pembobol password, keylogger atau hacker yang berkeliaran di dunia online. Memang sedikit agak repot, karena anda harus membuat catatan khusus. Namun cara-cara membuat password kuat dan aman tersebut tentu dapat menguntungkan dan menyelematkan akun-akun anda, terutama untuk akun-akun perbankan pribadi anda. Semoga bermanaat!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: