8 Langkah Mudah Cara Membuat akun di Paypal

8 Langkah Mudah Cara Membuat akun di Paypal — Paypal adalah salat satu alat pembayaran online yang sudah digunakan oleh banyak masyarakat dunia. Cara daftar dan membuat akun di PayPal cukup mudah. Paypal sendiri banyak terbukti aman dan mudah penggunaannya untuk keperluan bisnis dan kuangan di dunia online. Berbagai fungsi yang disediakan oleh Paypal membuat jumlah pengguna paypal semakin meningkat setiap tahunnya. Semakin hari, semakin banyak orang yang ingin memiliki dan membuat akun PayPal sebagai salah satu alat pembayaran online mereka. Artikel ini akan memberikan panduan langkah-langkah cara mendaftar dan membuat akun di PayPal.

Untuk dapat menggunakan fasilitas Paypal, maka anda harus membuat akun paypal terlebih dahulu. Dan untuk pertama kalinya, anda diwajibkan mengisi akun paypal anda dengan sedikit dana sebagai salah satu keperluan verifikasi.

Kemudahan dan keamanan paypal juga cukup terjamin. Paypal sendiri dianggap lebih aman dibandingkan dengan alat pembayaran lainnya, baik itu untuk pengirim atau penerima uang. Berbagai bentuk komplen —complain dapat anda ajukan kepada pihak PayPal.

Apa saja persyaratan daftar Paypal?

  • Pemegang akun paypal harus berusia minimal 18 tahun atau lebih, dan memiliki:
  • Alamat email : Sebagai usernama account Paypal anda nantinya. (Ada baiknya membuat email baru yang dikhususkan untuk urusan PayPal saja agar lebih aman.)
  • Kartu Kredit : sebagai alat untuk mengaktifkan akun PayPal anda. (Jika tidak memilikinya anda dapat menggunakan Virtual Credit Card atau VCC dengan membelinya.)
  • Kartu Debit : sebagai salah satu alternatif untuk bisa withdraw atau mencairkan dana dari PayPal, anda harus mempunyai salah satu dari kartu kredit Visa, kartu debit Visa, atau prepaid card Visa)

Tahapan Panduan langkah-langkah cara membuat akun PayPal

Sebelum mulai mendaftar, siapkan data-data anda untuk keperluan registrasi akun PayPal seperti Email, Nama, Alamat, Telp, Nomer kartu kredit. Dan pastikan data-data tersebut sama dengan data pada kartu kredit anda, karena nantinya PayPal akan mengecek keaslian dokumen anda.

1. Kunjungi situs www.paypal.com.

Untuk keamanan anda dari kejahatan dunia internet, pastikan alamat yang tertulis di address bar browser adalah alamat website resmi paypal http://www.paypal.com atau https://www.paypal.com, karena banyak situs kejahatan yang memiliki nama yang menyerupai website aslinya. Dan jika menggunakan browser Mozilla, biasakan gunakan private browsing untuk keperluan yang memerlukan keamanan ekstra seperti setiap mengakses akun paypal anda dan berbagai akun penting lainnya yang melibatkan data pribadi yang benar-benar asli.

2. Klik tombol “SignUpNow!“ Untuk mulai mendaftar.

daftar akun paypal
3. Kemudian akan ada pilihan negara, karena anda di Indonesia, pilih Indonesia. Lalu pilih tipe account atau tipe akun paypal yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk pendaftar baru di Indonesia, disarankan anda memilih yang personal account dahulu, anda dapat mengUpgrade atau merubah tipe akun anda nanti ke Premier account atau Business Account dengan mudah dah gratis sesuai kebutuhan.

Setelah itu tekan tombol “Continue”

jenis keanggotaan akun paypal

4. Selanjutnya masukan informasi data pribadi diri anda seperti Nama, Alamat, Telp, Email yang sesuai dengan data kartu kredit anda.

isi data pribadi paypal

  • Untuk mata uang biarkan tetap terisi U.S. Dollars karena pilihan Rupiah belum tersedia.
  • Email yang anda masukkan akan menjadi username akun Paypal anda, yang akan digunakan pada setiap saat anda login atau bertransaksi menggunakan Paypal.
  • Isi password anda dengan kombinasi huruf dan angka agar password anda lebih aman. Jumlah karakter yang digunakan untuk password minimal 8 karakter.
  • Pada password recovery pilih dan isikan 2 pertanyaan dan jawaban pribadi untuk mendapatkan password anda kembali jika suatu saat anda lupa password anda.
  • Baca lagi User Agreement dan Privacy Policy jika diperlukan, lalu beri tanda centang pada “YES”, dan ketikkan kode pengaman (Kode Captcha) yang berwarna kuning pada kolom yang tersedia tanpa spasi.
  • Periksa lagi dan pastikan Nama, Alamat, Telp yang anda isi sesuai dengan data pada kartu kredit anda. Jika sudah benar-benar dan yakin, kemudian tekan tombol “SignUp”.

5. Di bagian selanjutnya, anda akan diinstruksikan untuk memasukkan nomor kartu kredit anda yang akan digunakan untuk memasukkan dana pertama dan berikutnya untuk akun PayPal anda. Jika sudah, klik tombol “Add Card”.

isi data kartu kredit di paypal

Dana pertama akan di ambil paypal hanya untuk sebagai bukti kepemilikan kartu kredit anda, dan jumlahnya hanya sebesar $ 1,95.

Jika anda tidak ingin memasukkan data kartu kredit anda sekarang, klik tombol “Cancel”, anda dapat memasukkan nomor kartu kredit anda nanti setelah login di halaman MyAccount.

6. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa anda telah mendaftar. Dan untuk mengaktifkan akun paypal anda, buka email dari paypal anda tersebut, dan klik link konfirmasi yang terdapat di dalamnya untuk konfirmasi bahwa anda adalah pemilik email yang anda daftarkan di PayPal.
7. Berikutya anda akan dibawa kembali ke situs PayPal anda. Anda diharuskan mengisi kembali username dan password anda lagi setiap akan beraktivitas di akun PayPal anda, lalu klik tombol “Confirm”. Lalu klik tombol “Continue”, setelah itu anda akan melihat tampilan halaman MyAccount.
8. Jika anda sudah memasukkan data kartu kredit di halaman MyAccount akan ada tulisan Expande option (pilihan), baca dengan teliti instruksinya, anda diinstruksikan untuk menekan tombol “Get Number” untuk menjadi Verified member PayPal (kebenaran alamat anda sudah di cek oleh pihak Paypal)

Ada beberapa pilihan yang dapat anda gunakan untuk menjadi anggota atau member PayPal yang terverifikasi (Verified PayPal Member).

cara verifikasi akun paypal

Pilihan 1.

Untuk menjadikan anda sebagai Verified PayPal Member, sekarang tombol Get Number untuk mendapatkan 4 digit kode keamanan dari PayPal, yang akan dikirimkan ke dalam statement bulanan kartu kredit anda selanjutnya. Kartu kredit anda akan di charge sebesar $1.95 USD untuk keperluan ini. Tujuan mengirimkan kode keamanan ini adalah untuk memastikan bahwa alamat yang anda berikan adalah benar (bukan alamat palsu).

Jika anda sudah mendapatkan 4 digit kode keamanan tersebut dari statement bulanan kartu kredit anda, kemudian di halaman My Account klik bagian “Activate Account – Complete Extended Use Enrollment”.

Setelah anda memasukkan 4 digit kode keamanan tersebut account Paypal anda akan menjadi Verified Member dan akan ditambahkan dana sebesar $ 1.95 USD ke dalam akun paypal anda otomatis karena sudah menjadi Verified member. Jadi sebenarnya membuat akun paypal anda gratis, karena dana atau uang yang di charge di awal tadi akan masuk ke dalam akun paypal anda sendiri, dan bisa anda gunakan karena itu uang anda sendiri.

Setelah itu klik tombol “Get Number” anda akan dibawa kembali ke halaman My Account.

Jika anda tidak ingin menjadi Verified Member sekarang lewatkan bagian Expanded Version ini, Klik bagian “Activate Account” lain waktu di halaman My Account setelah login untuk mendaftar menjadi Verified member agar limit danan anda tidak dibatasi, setelah anda melewatkan bagian Expanded Version anda akan dibawa kembali ke halam My Account.

Pilihan 2 :

Jika anda tidak memiliki kartu kredit, anda bisa menggunakan Virtual Credit Card atau VCC, yang digunakan untuk membuat Verified Member. VCC ini adalah kartu kredit visual yang bisa anda dapatkan dengan membelinya kepada para penjual kartu VCC. Temukan penjual kartu VCC yang bisa dipercaya, ada baiknya dari orang yang anda kenal atau atas referensi orang yang anda kenal agar keamanannya lebih terjamin. Harga VCC berkisar antara 80.000 hingga100.000 rupiah, tergantung kepada para penjualnya. Atau anda bisa membeli dari referensi saya dengan menghubungi : (yahoo.com) di Yahoo Messangernya untuk berkomunikasi langsung. Anda bisa meminta bantuan untuk bagaimana anda mendapatkan nomor VCC dari beliau, dan meminta panduan langsung bagaimana cara memasukkan nomor kartu VCC tersebut di akun PayPal anda untuk mendapatkan status sebagai Verified Member atau sebagai member yang terverifikasi.

Jika anda belum menjadi Verified member (masih menjadi Unverified Member) maka anda baru mempunyai account PayPal dengan limit $100 USD untuk melakukan pembayaran atau pengiriman uang ke akun PayPal lain. Untuk menghilangkan limit Account Paypal anda harus menjadi Verified member. Untuk menjadi Verified Member (jika anda belum melakukannya) silahkan ikuti langkah no. 8 di atas. Jika belum memasukkan atau ingin menambah kartu kredit, login ke akun PayPal anda, kemudian klik tombol “Add Card” di halaman My Account.

Untuk bisa withdraw (mencairkan) atau menarik uang dari balance PayPal, anda harus sudah menjadi anggota Paypal yang berstatus Verified Member.

Berikut ini adalah kartu kredit dari Indonesia yang sudah dicoba dan diterima oleh PayPal yaitu, HSBC, BNI Visa, Mandiri Visa, Citibank MasterCard, BCA Mastercard, BRI Mastercard, kemungkinan kartu yang lainnya akan menyusul.

Ada baiknya akun PayPal anda menjadi Verified Member PayPal untuk menghilangkan limit transaksi pembayaran $100 USD tadi, dan agar lebih dipercaya oleh para pengguna PayPal lainnya. PayPal merupakan alat pembayaran yang membuat para penggunanya atau para anggotanyanya lebih aman dari penipuan karena untuk menjadi Verified Member atau member yang diakui oleh PayPal, alamat pengguna sudah di cek kebenarannya (bukan alamat palsu), dan pengguna PayPal dapat diketahui keberadaannya sehingga penggunaan PayPal dapat lebih dipertanggungjawabkan. Namun tetaplah berhati-hati dengan aktivitas anda dari keteledoran atau ketidak sengajaan perilaku yang membuat akun paypal anda dicuri atau di hack oleh para pelaku kejahatan internet. Jangan pernah mengakses akun PayPal anda dari komputer umum seperti di warnet-warnet, fasilitas gratis komputer internet gratis lainnya, kecuali menggunakan pc atau laptop anda sendiri.

Bagi pengguna PayPal banyak pertanyaan mengenai fee transaksi yang dikenakan oleh PayPal. Berikut ini akan saya berikan fee transaksi yang dikenakan kepada anda oleh PayPal:

  1. Mengirim pembayaran : Free (Gratis)
  2. Menerima pembayaran : Free untuk Personal Account, dan ~3,9% + $0.3 untuk pemilik akun Premier atau Business.
  3. Withdrawl : $1 – $1.5 USD, Free apabila diatas jumlah tertentu.
  4. Multiple currencies fee : 2.5% bila menerima pembayaran dari mata uang lain.

Gunakan akun PayPal anda dengan bijak untuk berbagai keperluan. Perhatikan faktor keamanan yang memungkin data akun paypal anda dicuri oleh pihak yang bertanggung jawab atau dari para pelaku kejahatan internet.

Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: