fikathiana May 16, 2017 @ 2:49PM

Ada beberapa alternatif pilihan universitas di Inggris lainnya yang tak kalah bagus dan terkenal. Berkeinginan untuk kuliah di Inggris, coba cari tahu dulu informasi lengkapnya, dari mulai jurusan apa saja yang tersedia, persyaratannya, tenaga ahlinya, hingga ke kualitas universitas yang bersangkutan. Jangan melihat kualitas kampus hanya karena prestis atau gengsinya saja. Inggris memiliki sejumlah universitas di negara Inggris yang berkualitas juga selain Oxford dan Cambridge, meskipun tidak seluruhnya sering di dengar di Indonesia.

7 alternatif pilihan universitas di inggris yang terkenal di dunia selain oxford dan cambridge

Oxford dan Cambridge adalah pilihan yang cocok jika kamu ingin menjadi peneliti dan di bidang akademik. Jangan pilih kedua universitas tersebut jika kamu ingin menjadi game maker.

Jika ingin menggeluti bidang ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi, coba lihat ada sebuah kampus yang bernama Converntry University dan Warwick University. Tersedia program kerja sama dengan industri besar dan terkenal disana. Warwick University menyediakan program studi rekayasa terowongan.


Time World University Ranking tahun 2016-2017 telah merilis daftar 100 Universitas terbaik di dunia. Beberapa diantaranya adalah universitas-universitas yang berada di negara Inggris. Universitas di Inggris yang masuk dalam daftar tersebut diantaranya University of Oxford, University of Cambridge, University College London, Universitu of Glasglow dan University of Edinburgh.

Beberapa universitas yang tidak termasuk dalam daftar ini bukan berarti seluruhnya tidak bagus.

Ranking atau peringkat universitas juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, diantaranya:

1. Tersedia atau tidaknya program S-1 serta keanekaragaman bidang studi.

2. Usia universitas belum mencapai 50 tahun.

Seperti yang dikatakan di awal artikel ini tadi, bahwa jangan memilih universitas hanya karena gengsi atau peringkatnya di dunia saja. Cobalah lihat dari sisi lainnya. Ada beberapa kampus yang juga berkualitas di Inggris, berikut daftar universitas-universitas selain yang masuk dalam 100 daftar diatas.

7 Universitas Berkualitas dan Ternama di Inggris

1. LONDON SCHOOL OF HYGIENE AND TROPICAL MEDICINE

Perguruan tinggi yang satu ini fokus di bidang kedokteran tropis yang memiliki banyak pakar, riset dan berbagai data terkait tentang penyakit tropis.  Universitas ini fokus pada bidang yang sangat spesifik dan tidak menyediakan program S-1. Universitas ini bahkan tidak masuk dalam urutan 200 universitas terbaik di dunia.

2. CONVENTRY UNIVERSITY

Universitas ini juga tidak masuk dalam urutan 200 universitas terbaik di dunia. Namun demikian, Conventry University punya keunggulan lainnya.
Perguruan tinggi ini menawarkan program studi aerospace engineering, fashion design, product design, hingga bidang sport marketing. Disini tersedia program S-1 hingga S-3.

Universitas ini memiliki kerjasama dengan industri-industri besar, serta memiliki ruang kuliah yang berada di pabrik. Conventry ini dinobatkan sebagai Modern University of The Year oleh The Times. Universitas ini juga tidak masuk dalam urutan 200 universitas terbaik di dunia.

3. UNIVERSITY OF STIRLING

Universitas ini menyediakan program studi Budidaya Perairan, bisnis perikanan, data science dan bidang keolahragaan (Science and Sport). Program dan fasilitas yang tersedia disana telah menjadi yang terbaik di dunia.

Cakupan program studi Perairannya mencakup konsentrasi mulai dari genetika, penyakit hingga teknologinya. Disana tersedia program sarjana hingga S-3. Universitas ini juga tidak termasuk dalam urutan 200 universitas terbaik di dunia seperti dua universitas diatas.

4. GOLDSMITH, UNIVERSITY OF LONDON

Universitas yang satu ini punya keunggulan dalam bidang antropologi, musik, seni lukis dan menulis, tari jurnalistik. Dalam bidang ini Goldsmith merupakan universitas terbaik.

Goldsmith menyediakan Creative dan Cultural Enterpreneurship sehingga mahasiswanya dapat mendalami bagaimana cara mengembangkan bisnis yang profesional, beorientasi terhadap keuntungan dan mempelajari lebih dalam dampak sosialnya.

Disini juga tersedia situs East London Lines yang digunakan sebagai wadah bagi para mahasiswanya untuk menemukan berbagai macam berita dan mengelola redaksi media. Situs ini bisa diakses oleh masyarakat umum.

5. QUEEN MARY UNIVERSITY OF LONDON

Universitas ini menyediakan beberapa program studi utama, diantaranya: Fakultas Seni, Fakultas Teknik dan Matematika, Fakultas Hukum, Fakultas Humaniora dan IlmuSosial, dan Fakultas Ilmu-ilmu Alam, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Universitas ini juga menawarkan 240 lebih program gelar.

Queen Mary University merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik versi Times Higher Education Supplement.

6. UNIVERSITY OF BIRMINGHAM

Universitas ini merupakan penerus Universita Queen’s College, Birmingham. Tersedia 300 jurusan, dalam fakultas utama diantaranya Fakultas Teknologi, Inovasi Pengembangan, Fakultasi Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Kinerja, Fakultas Media dan Bahasa Inggris, Fakultas Musik, dan Fakultas Pendidikan.

7. CARDIFF UNIVERSITY

Perguruan tinggi yang satu ini merupakan salah satu universitas tersukses di Inggris. Kampus Heath Park adalah lokasi jurusan kesehatan. Tersedia lingkungan klinik tempat mengajar yang modern disana. Reputasi penelitian internasionalnya sangat baik dan memiliki dua orang pemenang Nobel Prize.

Banyak pula universitas di Inggris yang menawarkan program beasiswa untuk negara lainnya. Kamu bisa hunting beasiswa universitas, Inggris jauh-jauh hari. Tak ada salahnya juga jika kamu berniat ingin kuliah di luar negeri, coba kamu pertimbangkan biaya kualiah di luar negeri sejak jauh-jauh hari juga, yang konon katanya bisa jauh lebih murah dengan adanya program beasiswa yang di tawarkan.Universitas ini menawarkan Program English for University Studi dan Internatinal Foundation Programme bagi mahasiswa Indonesia.



Share This