5 Tips Perawatan Rambut Untuk Pemakai Helm

Helm merupakan pengaman penting yang tidak boleh ditinggalkan saat bermotor. Namun terkadang, pelindung kepala yang tak boleh ditinggalkan ini seringkali bermasalah dengan penampilan yang berhubungan dengan rambut, terutama bagi para ladies. Dampak pemakaian helm jadi banyak membuat percaya diri kaum wanita sedikit agak berkurang. Bermasalah dengan hal yang serupa? Berikut tips perawatan rambut untuk pemakai helm.

tips cara perawatan rambut untuk pemakai helm
Image courtesy by imagerymajestic | freedigitalphotos.net

Helm sering membuat rambut lepek, dan menyebabkan bau tak sedap. Maka dari itu, penting sekali menjaga kebersihan bagian dalam helm, agar tidak meninggalkan efek bau keringat yang menyengat di rambut. Sebenarnya anda tak perlu bingung menghadapi keadaan penampilan rambut yang disebabkan pemakaian helm, jika anda dapat melakukan beberapa cara merawat rambut pengguna helm yang disarankan.

Tips Perawatan Rambut Bagi Para Pemakai Helm Pengendara Motor atau Sepeda

1. Jaga Kebersihan Rambut

Cuci atau keramas rambut anda secara teratur. Untuk perawatan yang lebih maksimal, gunakan kondisioner, vitamin, atau tonik rambut. Perawatan ini akan dapat membuat rambut anda lentur dan tidak mudak tercetak oleh bentuk helm.

2. Hindari Memakai Helm Saat Rambut Basah

Usahakan jangan dulu gunakan helm saat rambut masih dalam keadaan basah, baik itu setelah keramas apalagi jika sedang berkeringat setelah beraktivitas berat, seperti misalnya setelah olahraga. Hal ini akan menyebabkan bagian dalam helm semakin lembab dan bau lembab akan menempel.

Namun jika ternyata situasi mengharuskan anda tetap menggunakan helm saat rambut basah, maka gunakan trik penggunaan kain pelapis. Pilih kain pelapis seperti handuk, atau kain yang mudah menyerap keringat.

3. Jaga Kebersihan Helm

Bersihkan helm secara teratur dengan mencucinya dalam waktu berkala secara rutin. Setelah dicuci keringkan hingga benar-benar kering. Jika tidak mau repot, anda bisa menggunakan jasa pencucian helm. Helm yang kotor dapat memudahkan timbulnya ketombe dan bau rambut tidak sedap yang menyengat. Ini merupakan salah satu tips perawatan rambut yang tak boleh ketinggalan bagi pengguna helm.

4. Jangan Ikat Rambut

Ruang bernapas dan ruang gerak rambut akan semakin sempit dan pengap. Jika hal ini sering terjadi, maka akan menjadi penyebab rambut rontok, rambut tidak sehat dan rapuh. Selain itu, bentuk ikatan rambut juga akan meninggalkan jejak di rambut saat helm di buka.

5. Siapkan helm cadangan

Jika anda memang memiliki keseharian yang mengharuskan anda bermotor dan mengenakan helm setiap hari, maka siapkan helm cadangan. Helm cadangan ini dapat anda gunakan selagi anda melakukan perawatan atau membersihkan helm. Dua helm ini dapat digunakan secara bergantian, simpan di tempat yang kering (bukan tempat lembab), juga bukan tempat yang terlalu panas. Simpanlah helm cadangan di suhu kamar, dalam sebuah kotak atau plastik. Pastikan disimpan saat helm dalam keadaan bersih dan kering, lebih bagus jika sudah wangi (menggunakan pengharum cucian).

Jadi, bukan hanya stress yang menyebabkan kerontokan rambut lho! Perawatan rambut yang kurang bagi pemakai helm juga dapat menjadi salah satu penyebab.Tak sulit menyelesaikan permasalahan rambut akibat pemakaian helm ini bukan? 5 Tips cara merawat rambut diatas dapat mengembalikan kepercayaan diri anda seperti semula, tanpa harus terganggu dengan masalah rambut lepek, bau, dan tak beraturan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: