5 Model Desain Rumah Bergaya Futuristik di Dunia

Desain rumah bisa dibuat dengan banyak gaya. Namun kali ini, ada 5 Model Desain Rumah Bergaya Futuristik keren di dunia. Desain rumah bergaya futuristik ini benar-benar unik. Dibilang unik, pasalnya gaya rumah futuristik ini punya desain yang unik menarik, jauh berbeda dengan desain rumah pada umumnya. Coba saja lihat model desain rumah futuristik di bawah ini.

Memiliki rumah yang nyaman adalah impian para penghuni planet bumi, karena suhu dan iklim telah berubah secara signifikan, akibat pemanasan global, pergerakan alam semesta ini sudah tidak dapat diprediksikan lagi. Untuk mengatasi dan memenuhi kebutuhan tersebut beberapa arsitek kemudian meranca rumah ideal sekaligus ramah ramah lingkungan, seperti 5 desain rumah futuristik yang di rangkum uniknya.com berikut:

1. MercuryHouseOne

MercuryHouseOne adalah sebuah rumah yang didesain oleh Arturo Vittori, seorang arsitektur Itali yang bekerja di sebuah firma Architecture and Vision. Ia juga adalah salah satu anggota dari American Institute of Aeronautics dan Astronoutics, dan ketertarikannya pada teknologi terlihat jelas dalam rancangan rumah yang unik.

MercuryHouseOne adalah mobil rumah, yang menyerupai model RV. Energi listrik yang digunakan berasal dari sinar matahari dan memiliki interior berbahan marmer.

2. Birds Island

Birds Island adalah sebuah arsitektur yang didesain oleh Graft, berlokasi di Kuala Lumpur, pada bagian eksteriornya digunakan bahan yang berasal dari kaca silikon, sehingga membuat dindingnya terlihat transparan. Sang penghuni pun akan merasa nyaman ketika menikmati masa santainya, karena ia dapat melihat pemandangan sekitar tanpa harus keluar dari rumah.

Seperti halnya rancangan Arturo, rumah Graft memiliki energi listrik yang didapat dari cahaya matahari dan yang membedakannya adalah juga menggunakan tenaga angin. Struktur bangunannya pun didesain sedemikian rupa sehingga mampu menghemat dan menyimpan energi secara efisien. Ketika cuaca panas maka akan didinginkan oleh sirkulasi air serta tanaman teratai yang ada dibawahnya.

3. Dupli Casa

Banyak tempat tinggal yang didesain sedemikian rupa dan setiap perancangnya selalu beranggapan bahwa karyanya adalah futuristis, terdepan dari desain lainnya. Bagaimanpun juga Dupli Casa yang didesain oleh seorang Jerman, J. Mayer H (Arsitek) adalah slah satu yang mendapatkan pujian dari sebuah situs dunia maya Digsdigs.com yang memberinya judul artikel sebagai “Desain Rumah Paling futuristis di Dunia” pada tahun 2009.

Dupli Casa adalah sebuah perpaduan tiga model rumah yang berada di dekat Ludwigburg, Jerman. Pada lantai atas, ruang istirahat secara dramatis tidak sesuai dengan struktur bangunan utamanya, dan setiap sudut jendela ditempatkan strategis sehingga mendapatkan pemandangan yang optimal.

4. Komb House

Karim Rashid adalah seorang arsitek yang berada dibelakang keindahan bangunan rumah Komb House. Ia dilahirkan di Mesir dan memperoleh pendidikan di Canada dan Italia. Berdasarkan situs yang dikelolalnya ia memiliki 3.000 desain rumah yang sedang dibuat.

Komb House dirancang sedemikan rupa dan estetis guna menghindari kerusakan lingkungan. Memiliki pemanas air yang berasal dari energi matahari, dan material bangunannya pun bisa digunakan kembali, seperti kaca dan kayu. Bagian-bagian tersebut bisa dicopot dan dipasangkan kembali.

5. Edge House

Mobius Architects adalah sebuah firma yang berada di Polandia, mereka mulai membangun Edge House (rumah sudut) di Krakow pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2010. Secara visual bentuknya terlihat ekstrim.

Struktur bangunan harus sesuai dengan kode/aturan bangunan setempat, yang menetapkan bahwa kemiringan atap itu harus melebihi 30 derajat. Para arsitek pun mematuhi surat hukum, tetapi tetap memiliki kebebasan dalam merancang, dan menciptakan sebuah tempat tinggal yang unik yang terletak lereng bukit.

(Sumber: thewondrous.com, uniknya.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: