5 Langkah Mudah Cara Membuat Text Area dalam Post

Untuk memberikan kesan menonjol kepada beberapa bagian dalam artikel atau post, anda bisa membuat penegasan dengan memberikan warna latar berbeda, atau memberikan batasan dengan kotak text area. Anda harus menyisipkan sedikit script html text area di postingan anda. Cara mudah membuat text area dalam artikel dapat anda ikuti dengan langkah-langkah berikut yang akan infodari infokan kepada anda. Silahkan anda coba ikuti langkah-langkah dalam panduan bagaimana cara buat text area di postingan wordpress blog anda.

Langkah-langkah Cara Membuat Text Area dalam Post:

1. Saya asumsikan anda sudah bisa membuat artikel dalam blog anda. Maka anda buka tab html (bukan yang visual).

2. Copy kemudian paste kan script-script di bawah ini, ke area yang anda inginkan.

<div style="overflow: auto; width: 500px; height: 100px;
background-color: #c1eeec; text-align: justify; padding: 5px;border: 3px solid #999999;">Contoh text area yang dibuat dengan script ini. </div>

Penjelasan:

Anda bisa merubah value masing-masing parameter untuk mendapatkan gaya tampilan yang sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk meng-copy kode diatas, silahkan:

  • klik tombol kedua untuk langsung copy ke clipboard (pojok kanan atas kotak script diatas). Nanti anda tinggal pastekan di area yang anda inginkan dalam post anda.
  • atau klik tombol pertama untuk mengcopy dari halaman terpisah “view source”. dari situ anda bisa mengcopynya, lalu nanti tinggal pastekan di area yang anda inginkan dalam post anda.

Contoh text area dengan menggunakan script ini adalah seperti dibawah ini:

Contoh text area yang dibuat dengan script 1.

3. Anda bisa otak atik value dalam script tersebut. Parameter yang bisa anda rubah adalah pada tulisan yang berwarna hijau, ganti dengan ukuran atau value sesuai keinginan anda:

  • width : (500px)lebar text area.
  • height: (100px) tinggi text area.
  • background-color: (#c1eeec), warna latar area text.
  • text-align: (justify), jenis perataan text.
  • padding: (5px): jarak antar tulisan dengan border.
  • border: (3px solid #999999) ketebalan garis pinggir, jenis garis, dan warna garis.
  • Ganti tulisan “Contoh text area yang dibuat dengan script ini. ” dengan isi tulisan yang ingin anda tampilkan dalam text area.

4. Jika sudah selesai mengedit, silahkan lihat hasilnya dengan menekan tombol “Preview”.

5. Jika sudah yakin benar, silahkan klik tombol “Publish” artikel anda.

Memasang script di tengah postingan itu cukup mudah, seperti halnya memasang kode adsense, memasang tombol spoiler, memasang flash banner, dan berbagai tujuan memasang script lainnya, atau bahkan untuk pasang code script autolink sumber. Anda tinggal melakukan copy paste saja script yang sesuai dengan maksud anda memasang script tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: