5 Kesalahan Umum Cara Membuat Situs atau Web Blog Bisnis

Sebuah website atau blog bisnis dibangun dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis anda. Berbagai informasi penting tentang bisnis anda dimuat dalam website. Namun ada beberapa hal yang ternyata bisa menjadi kesalahan yang mengakibatkan situs web bisnis anda ternyata menjadi sulit berkembang, dan kurang peminat. Lalu apa yang sering terlupakan dalam langkah cara membuat situs bisnis, sehingga hal-hal kecil yang terlupakan itu justru menjadi sebuah kesalahan.

Cara membuat situs web bisnis sebenarnya mudah. Bagaimana membuat website bisnis atau cara membuat situs bisnis yang benar-benar bisa menarik calon customer secara efektif. Ada beberapa trik yang bisa anda perhatikan di artikel ini. Dengan tujuan agar blog bisnis anda punya kemampuan maksimal menarik minat calon customer atau calon pelanggan. Anda sebaiknya mengetahui, hal-hal penting apa yang sering menjadi kesalahan saat membuat web site bisnis . Anda dapat membuat web atau blog bisnis dengan menggunakan pembuatan jasa website, atau dengan membuatnya sendiri, baik itu menggunakan situs penyedia blog gratis, maupun yang berbayar. Google juga telah menyediakan fasilitas untuk pembuatan website bisnis gratis Google untuk usaha kecil menengah. Anda dapat mencobanya.

Kesalahan dalam umum dalam membuat website bisnis ini telah di analisis oleh seorang  pakar, trainer bisnis internet Terry Dean. Kesalahan-kesalahan ini sering terjadi saat mendesain dan membuat blog atau website bisnis, dan terkadang kesalahan-kesalahan ini tidak disadari secara langsung.

Kesalahan umum dalam cara membuat situs bisnis yang sering terjadi diantaranya:

1. Kesalahan tidak ada Headline dalam website bisnis.

Membuat Headline dalam sebuah website bisnis menjadi faktor penting untuk menarik perhatian pengunjung. Hampir 80% website tidak memiliki headline atau kepala berita. Kebanyakan website menggunakan kata-kata “Welcome to My Web Page” yang digunakan sebagai Headline. Headline harus mempunyai ciri khas utama dari website bisnis anda.

Anda bisa membuat headline dengan:

– Ukuran font yang lebih besar dari font lain yang anda gunakan dalam website.

– Warna teks utama seharusnya hitam dengan latar belakang putih, atau menggunakan warna lain (warna yang tidak digunakan dalam teks lainnya), tetapi tetap menggunakan latar belakang atau background warna putih, agar judul Headline tetap menjadi sorotan utama, dan membuat penasaran pengunjung anda untuk membaca isi website bisnis anda selanjutnya.

Anda bisa lihat contohnya di http://www.bizpromo.com dan http:www.netofficetoolbox.com

2. Kesalahan Website bisnis anda tidak menyebutkan manfaat produk.

Penulisan penjelasan mengenai produk anda adalah hal utama dari isi website bisnis. Maka dari itu, produk anda harus dijelaskan sebaik mungkin, selain menjelaskan ciri dari produk anda, anda pun harus menjelaskan sisi manfaatnya. Dan yang diharapkan pada bagian penjelasan produk anda adalah bahwa anda dapat menarik perhatian para pengunjung, baik dari sisi emosi maupun sisi logika. Artinya manfaat yang anda jelaskan harus real dan tidak mengada-ada, namun bisa membangkitkan keinginan yang besar.

Jadi membahas tentang produk anda diperlukan 2 hal yang harus termuat di dalamnya, yaitu ciri produk dan manfaat produk. Apa yang dapat dilakukan para pelanggan anda jika mereka telah membeli produk anda, itulah yang menjadi salah satu presentasi penting dalam penjualan produk anda.

3. Kesalahan website bisnis yang tidak mempunyai kepribadian.

Kebanyakan website bisnis menggunakan kata “Kami”. Padahal ini merupakan salah satu kesalahan besar dalam tahapan cara membuat situs yang baik.

Anggap saja anda sedang menulis sepucuk surat kepada calon pelanggan anda. Disana anda akan memuat surat yang menggunakan foto di halaman website, dan gunakan signature atau tanda tangan untuk website anda (namun jangan memuat tandatangan asli). Gunakan bahasa yang ramah dan mudah dipahami di dalam membuat surat.

Jadi disini, untuk membangun sebuah karakter website berkepribadian, gunakanlah kata “Saya”, dan menggunakan kata “Anda” untuk para pelanggan anda. Dengan memberitahukan siapa anda, akan membangun kepercayaan lebih kepada para calon dan pelanggan anda.

4. Kesalahan tidak ada kesaksian dalam website bisnis.

Untuk meyakinkan para calon dan pelanggan, maka mereka memerlulkan kesaksian atau sering disebut testimoni. Makin banyak paparan kesaksian dari orang-orang yang pernah menerima kepuasan produk anda, maka semakin besar kepercayaan pelanggan anda. Kesaksian atau testimoni yang baik adalah kesaksian yang berbicara hasil secara spesifik. Kesaksian yang spesifik ini akan memberikan dorongan secara psikologis yang kuat, daripada kesaksian yang bersifat umum, misalnya hanya mengatakan betapa hebatnya anda.

Tampilkan nama lengkap dan kota pelanggan yang memberikan testimoni, atau akan lebih baik jika dicantumkan email atau website dari para testimonier, apalagi jika dicantumkan foto pemberi testimoninya. Dan akan lebih bagus lagi jika bisa memuat kesaksian yang berupa hasil rekaman video, audio atau foto yang signifikan dengan kepuasan menggunakan produk anda. Untuk keperluan ini, maka lengkapi form testimoni anda dengan hal-hal tersebut.

5. Kesalahan tidak memberikan garansi atau jaminan dalam website bisnis.

Sebisa mungkin hilangkan sebanyak mungkin resiko buruk produk anda . Tawarkan garansi seperti uang kembali dalam jangka waktu tertentu jika produk anda tidak memberikan hasil seperti yang dijanjikan. Disini anda perlu menanggung resiko atas apa yang anda garansikan. Tidak sedikit dari pelanggan yang mengeluh tentang berbagai hal yang tidak memuaskan mereka dengan membeli produk anda. Tapi itulah salah satu resiko bisnis yang harus anda hadapi dalam berbisnis, dan berbisnis dalam online.

Sebaiknya anda gunakan logo garansi yang akan membuat kepercayaan para pelanggan anda.

Jadi sebenarnya, hal-hal dasar yang sering terlupakan dalam membangun sebuah bisnis website adalah:

1. Memperhatikan huruf dan background website, agar mudah dibaca,
2. Headline yang tepat menggunakan rumus AIDA:
Attention : headline kuat dan berciri khas untuk menarik minat.
Interest : membangkitkan ketertarikan dan rasa penasaran pengunjung.
Detail : Penjelasan secara detail produk anda dari berbagai sisi pandangan.
Action : Meminta pelanggan segera melakukan tindakan untuk membeli produk anda.
3. Pendahuluan yang berkualitas, yang sifatnya bisa menjerat ketertarikan produk anda.
4. Berkata bahwa produk anda adalah solusi yang baik untuk masalah  mereka.
5. Tidak membangkitkan emosi mereka secara psikologis.

Ketelitian dan teknik-teknik yang tersebut diatas merupakan trik dalam membuat blog bisnis yang cukup berpengaruh kepada efektivitas blog anda. Jadi jangan sampai anda membuat web site bisnis yang tidak mampu menarik minat para pengunjung. Semoga berhasil dan salam sukses!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: