5 Hal Penting Buat Kinerja Komputer Lebih Cepat

Saat beraktifitas atau bekerja dengan komputer, terkadang kita sering dibuat kesal karena kinerja komputer yang lambat. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar kinerja komputer kamu bisa bekerja semaksimal mungkin, tanpa ada kata lambat. Ikuti tips 5 hal penting buat kinerja komputer lebih cepat berikut ini.

Bosan dengan PC yang sangat lambat? Performa PC Kamu sangat mempengaruhi cara kerja kamu, dan juga hasil kerja yang kamu lakukan di komputer. Walaupun begitu, seiring dengan perkembangan teknologi, ada semakin banyak faktor yang memperlambat performa PC kamu. Berikut ini beberapa tips dan informasi yang bisa membantu mempercepat performa PC kamu.

5 Cara Membuat Kerja Komputer Lebih Cepat

1. Hapus virus dari PC Kamu

AVG antivirus

Virus bisa masuk dari e-mail, pesan internal, usb atau file lainnya. Gunakan antivirus seperti AVG atau Kaspersky untuk menghapus virus dari komputer dan jangan lupa menjadwalkan scan berkala. Pada beberapa antivirus, ada fungsi untuk menscan otomatis setiap kali kamu mendownload atau mengkopi suatu file. Antivirus perlu diupdate secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal. Kebanyakan antivirus akan mengupdate sendiri secara otomatis ketika kamu masuk ke sambungan internet atau setiap kali ada versi update yang terbaru.

Virus juga bisa masuk dari jaringan internal misalnya seperti komputer kantor. Virus yang bisa menggkamukan diri akan mendeteksi komputer lain yang terhubung ke jaringan internal tersebut dan langsung mengirim virus ke sana. Jika kamu sedang tidak membutuhkan jaringan internet, ada baiknya untuk mematikan saja sambungan internet Kamu dan menggunakan komputer secara offline. Untuk virus yang masih menyebar secara offline, ingatkan administrator jaringan kantor kamu untuk menscan virus dan memasang firewall.

2. Hapus program yang tidak terpakai

Pertama, menghapus program yang tidak digunakan lagi. Ada beberapa program yang sering kita install hanya untuk keperluan singkat lalu tidak dipakai lagi. Program menghabiskan tempat di komputer Kamu, dan beberapa berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Kamu. Hapus atau uninstall program yang tidak Kamu gunakan.

3. Menginstal antispyware

Adware

Sebagian besar program dan aplikasi bisa dihapus dengan mudah menggunakan pilihan Add or Remove Programs yang ada di Control Panel, tetapi program spyware sulit dihapus atau bahkan dideteksi. Ada banyak program antispyware yang dapat mendeteksi dan menghapus program-program ini. Penting untuk selalu memiliki program antispyware, karena mungkin spyware menginstal sendiri di komputer tanpa sepengetahuanmu, misalnya lewat internet. Setelah kamu menginstal program antispyware, jalankan untuk mendeteksi dan menghapus program yang tidak diinginkan. Atau Kamu bisa menjadwalkan scan berkala.

4. Mengosongkan ruang yang terbuang

Menghapus program yang tidak terpakai adalah cara yang bagus untuk membebaskan ruang disk, yang akan mempercepat komputer kamu. Cara lain untuk menemukan ruang disk terbuang adalah dengan menggunakan alat Disk Cleanup. Tetapi, walaupun kamu sudah menghapus program tersebut secara manual, program itu mungkin masih tersimpan di Registry. Seringkali, registry yang penuh menyebabkan banyak beban untuk PC, dan memakan banyak tempat. Jadi kita harus rajin membersihkan registry di komputer. Program pembersih registry bisa memperbaiki masalah di registry kita dan membersihkan program yang harus dihapus.

Ingat bahwa sebelum kamu melakukan apapun di registry komputer Kamu, sebaiknya kamu back up semua data yang tersimpan, untuk berjaga-jaga. Kalau tidak, maka program yang masih terpakai pun bisa terhapus begitu saja, termasuk data-data penting lainnya.

5. Defragmentasi hard drive

Defrag

Kamu dengan aplikasi disk defragmentation, bisa ditemukan di Start / Programs / Accessories / System Tools. Ini bisa membantu meningkatkan performa dengan membagi penempatan data supaya tidak memenuhi satu lokasi disk saja. Ini bisa menambah kecepatan PC pada waktu program dijalankan, juga memudahkan pencarian kalau kita sedang mencari sesuatu. Sebagian orang berpendapat ini hanya sedikit membantu meningkatkan performa PC, tapi untuk memaksimalkan performa PC dan memudahkan pencarian program, tidak ada salahnya membagi-bagi lokasi penempatan dan menghemat waktu loading.

Cara mendisfragmentasi komputer tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan tanpa kemampuan teknis, berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan.

Klik Start, dan kemudian klik My Computer.
Klik kanan Local Disk, dan kemudian klik Properties.
Klik pada tab Tools, dan kemudian klik Defragment Now.

The Disk Defragmenter muncul. Klik pada hard disk drive Kamu, dan kemudian klik Defragment.

Disk Defragmenter akan membutuhkan waktu sebentar untuk berjalan, bisa dimulai dari beberapa menit , walaupun dalam kasus tertentu bisa memakan waktu sampai beberapa jam, tergantung seberapa besar isi hard disk drive . Setelah selesai, kamu bisa klik Close.

Kalau kamu punya lebih dari satu hard disk yang perlu difragmentasi, kamu bisa mengulangi langkah-langkah ini untuk hard disk drive yang ada, mulai dari langkah yang keempat.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan komputer dan meningkatkan performa PC Kamu. Ingat bahwa antivirus dan antispyware harus selalu diupdate secara teratur.

Tips dan trik 5 hal penting buat kinerja komputermu lebih cepat ini bisa kamu lakukan kapan saja. Tidak terlalu rumit bukan? Kamu boleh coba sendiri melakukan langkah langkah langkah dalam 5 hal penting buat kinerja komputermu lebih cepat tersebut. Jadi, kamu bisa dapatkan kerja komputer kamu lebih cepat ini dengan mudah. Selamat mencoba!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: