5 Cara Menolak Cinta Secara Halus

Perhatian ekstra dari seseorang yang menyimpan perasaan cinta ke diri kamu memang hal yang menyenangkan, apabila kamu juga memiliki perasaan yang sama. Lalu apa yang kamu rasakan saat kamu mendapatkan perhatian dan perlakuan lebih dari seseorang yang ternyata bukan pilihanmu? Kamu bisa saja merasa risih, canggung, dan tidak nyaman dalam situasi seperti ini. Apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja kamu bisa menolak cinta secara halus dari seseorang bukan?

menolak cinta seseorang secara halus
Image courtesy of Vichaya Kiatying-Angsulee / FreeDigitalPhotos.net

Tanda-tanda ada seseorang yang naksir kamu biasanya sudah dapat terbaca dari perilakunya. Jika kamu memang tidak berniat membalas cintanya, maka kamu harus bisa bersikap tegas tapi manis. Yang harus kamu pastikan terlebih dahulu saat menolak cinta dari seseorang yang ternyata punya rasa cinta sama kamu adalah:

1. Apakah kamu benar-benar tidak punya perasaan yang sama?

2. Kamu bisa bersikap dewasa menghadapi perilaku dirinya bukan?

3. Sudahkah kamu tahu sedikit banyak karakter  si dia yang naksir atau cinta sama kamu?

Jika kamu sudah dapat menjawab ketiga pertanyaan diatas, maka segeralah melakukan tindakan selanjutnya, untuk kemudian memberikan sinyal hingga ke pernyataan bahwa kamu tidak punya rasa cinta pada dirinya. Berikut ini ada beberapa cara:

Tips Cara Menolak Cinta Secara Halus

1. Pilih waktu yang tepat.

Meski ini sebenarnya tidak terlalu penting bagi kamu, tapi cobalah untuk memilih waktu yang tepat untuk berbicara dan menjelaskan kepada dirinya, bahwa kamu tidak dapat menerima  cintanya. Ini akan berpengaruh kepada kesiapan si doi untuk menerima pernyataan penolakan dari kamu. Misalnya saja, ternyata dia sedang dirundung duka atau kesedihan karena ada salah satu saudaranya telah tiada, atau kamu menolak cintanya di hadapan orang banyak. Jangan lakukan penolakan disaat-saat seperti ini.

2. Berhenti berperilaku seolah-olah memberikan dia harapan.

Karena satu atau beberapa hal, terkadang kamu sulit menolak permintaannya. Bisa saja dia mengajak kamu makan siang jam istirahat kantor, makan malam, hangout bareng, nonton bareng, curhat, dan yang lainnya. Coba kurangi frekuensi kegiatan-kegiatan itu. Karena secara tidak langsung, banyak hal yang tanpa disadari ternyata dianggap bahwa kamu telah memberikan dia harapan. Atau bahkan kamu dapat bersikap mengabaikan kepada ajakan-ajakannya.

3. Cobalah berbicara lembut dan dapat menenangkan.

Menolak cinta seseorang yang dilakukan dengan perilaku atau bahasa yang kasar, malah justru akan memberikan rasa sakit hati kepada dirinya lebih dalam. Jangan sampai sakit hati membuat situasi menjadi lebih buruk. Cobalah untuk jujur menyatakan perasaan kamu apa adanya, dengan bahasa yang lembut, enak di dengarkan, dan dapat menenangkan dirinya dan situasi saat itu. Kamu bisa gunakan atau sisipkan kalimat yang juga sifatnya menghibur. Misalnya saja, “Mungkin aku bukan yang terbaik untuk kamu. Di luar sana, aku yakin, ada seseorang yang lebih bisa membuat kamu bahagia.” :)

4. Berikan alasan yang masuk akal.

Cobalah untuk memberikan alasan yang masuk akal dan dapat diterima oleh dirinya. Jangan membuat alasan yang sifatnya seperti dibuat-buat, atau kamu berbohong abis-abisan demi membuat dia mundur. Buatlah dia mengerti sebaik mungkin tentang alasan penolakan kamu, mengapa kamu tak dapat memberikan cinta kamu buat dia.

5. Tawarkan Pertemanan dan persahabatan.

Cinta tak harus saling memiliki, itu kata pepatah yang sering terungkap saat cinta tak dapat bersatu. Jika memang kamu bersedia untuk menjadi teman dan sahabat, ungkapkan pada dirinya. Katakan bahwa kamu lebih nyaman untuk menjadi teman atau sahabat bagi dirinya. Apalagi jika memang ternyata itu benar adanya. Meski ada kalanya kamu memang benar-benar tidak suka karakter, perilaku dan kebiasaan dirinya yang sering membuat kamu tidak nyaman berada di dekatnya. Cukup katakan kamu masih dapat berteman dengan dirinya dalam batas pertemanan yang wajar pada umumnya.

Dengan begitu, kamu tak perlu menolak cinta seseorang dengan cara kasar, apalagi menyakiti dirinya terlalu dalam. Menolak cinta dengan baik akan lebih dapat diterima. Memang benar, terkadang ada sikap seseorang yang naksir terkesan menyebalkan atau membuat kamu tidak nyaman. Namun cobalah bersikap dewasa menghadapinya, agar kedua belah pihak dapat mendapatkan kepastian.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: