5 Cara Jitu Menghilangkan Mendengkur Saat Tidur Lelap

Tak hanya terjadi pada kaum pria, masalah mendengkur juga dapat dialami kaum wanita. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab mengapa seseorang bisa mendengkur atau ngorok saat tertidur. Tak jarang yang merasa terganggu dengan masalah mendengkur, baik yang sedang tidur, atau orang lain yang berada di dekatnya. Lalu bagaimana cara menghilangkan mendengkur dari kenyamanan tidur anda? Ikuti beberapa tips berikut ini.

Apa yang terjadi di kerongkongan anda saat mendengkur?

Suara mendengkur keluar saat udara yang seharusnya masuk melalui lubang hidung dan mulut terhalang.  Keluar masuknya udara terhalang karena adanya penyempitan saluran sirkulasi udara. Saat jaringan-jaringan di saluran sirkulasi udara saling bersinggungan, akan menimbulkan getaran dan menyebabkan keluarnya bunyi dengkuran. Bahayanya, jika kasus seperti ini sering terjadi, berarti oksigen juga akan mengalami hambatan masuk ke tubuh, sehingga tubuh dapat kekurangan oksigen sehingga akan dapat mengganggu kesehatan jantung anda.

Kenapa mendengkur lebih banyak terjadi pada pria?

Distribusi kelebihan berat badan pada kaum pria kebanyakan menumpuk di bagian dada dan leher. Lingkar leher kurang lebih berukuran 40 cm. Hal-hal inilah yang menyebabkan pria lebih banyak mengalami masalah ngorok daripada wanita.

Bagaimana cara menghilangkan mendengkur yang efektif ?

Obat mendengkur yang paling mujarab untuk menghilangkan mendengkur sebenarnya berkaitan dengan bagaimana cara anda merawat kesehatan dan pola hidup anda.

cara menghilangkan mendengkur saat tidur
Image author by Drcamachoent | en.wikipedia.org

1. Kurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan akan lebih rentan untuk anda mengalami dengkuran saat tidur. Lemak berlebih yang menumpuk di tenggorokan dapat mempersempit saluran pernapasan. Perhatikan pola makan sehat anda. Sebuah studi telah membuktikan bahwa seseorang yang berat badannya turun menuju ke berat badan ideal, akan mengalami penurunan suara dengkuran.

2. Pola Hidup Sehat

  • Membran mukus atau selaput lendir yang berada di saluran pernapasan bagian atas dapat membengkak dan produksi lendirnya dapat meningkat dengan merokok. Maka dari itu, hidarilah kebiasaan merokok untuk hidup lebih sehat.
  • Jadwalkan olahraga secara teratur. Jika memang waktu anda padat, usahkan tetap lakukan olahraga walaupun hanya olahraga ringan saja.
  • Jangan melupakan pola makan sehat, mulai dari jam makan dan menu makanan sehat anda setiap harinya.

3. Mengatur Persiapan Sebelum Tidur

  • Untuk menghilangkan mendengkur saat anda terlelap tidur, maka hindari makan obat seperti obat penenang atau tranquilizer, pil tidur dan antihistamin sebelum tidur. Jika memang anda harus mengonsumsi obat tersebut, maka beri jeda waktu 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Hal ini dapat mengganggu saluran pernapasan dan relaksasi otot di sekitar leher anda.
  • Jangan mengonsumsi makanan baik makanan berat maupun makanan ringan, apalagi berlemak dan mengandung banyak karbohidrat berdekatan dengan waktu tidur. Ini juga dapat meningkatkan produksi lendir di mulut dan kerongkongan anda semakin meningkat.  Akan lebih baik jika anda minum air putih sebelum tidur. Cobalah menghilangkan mendengkur anda dengan cara ini.
  • Lakukan senam tenggorokan sebentar. Caranya, buka mulut anda lebar-lebar, lakukan peregangan rahang. Regangkan rahang ke salah satu sisi, pegang dengan tangan dan tahan selama kurang lebih 30 detik. Kemudian lakukan hal yang sama ke sisi lainnya. Setelah itu, lakukan peregangan pada lidah, julurkan lidah anda sejauh kemampuan anda, lakukan beberapa kali.
  • Bersantailah dan rileks sebelum tidur. Anda dapat melakukan yoga atau hal-hal lainnya yang anda sukai, dan yang dapat membantu tubuh anda rileks.

4. Menghindari Posisi Tidur Terlentang dan Telungkup

Tidur terlentang dapat membuat suara ngorok atau dengkuran anda semakin keras, karena lidah dapat menghalangi saluran pernapasan. Jika memang harus tidur terlentang, maka gunakanlah bantal yang cukup kenyamanannya untuk mengganjal kepala anda. Tidur dalam posisi miring dapat mengurangi ngorok dan dengkuran.

5. Cek Up Kesehatan

  • Alergi juga dapat menyebabkan masalah dengkuran. Periksakan kondisi kesehatan THT dan Gigi anda ke dokter. Jika menurut dokter anda mengalami alergi yang menyebabkan tidur anda ngorok, maka dokter akan memberi obat semprot nasal steroid untuk mengontrol dengkuran anda.
  • Dokter THT juga akan melakukan cek terhadap gangguan saluran di sekitar tenggorokan. Apakah terdapat kotoran atau sinusitis. Dokter akan memberikan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Dengkuran saat tidur juga bisa terjadi akibat susuan gigi yang terlalu rapat. Cek hal tersebut ke dokter gigi anda. Dengan alat khusus dokter dapat membantu memberikan ruang lebih leluasa antara gigi atas dan gigi bawah.

Demikianlah beberapa cara yang terbukti cukup efektif dapat menghilangkan ngorok saat tidur. Perbanyak minum air putih setiap hari, dan perhatikan kesehatan tenggorokan dan pernapasan. Usahakan agar anda juga selalu menjaga pola hidup sehat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: