fikathiana April 12, 2017 @ 2:53AM

Kondisi kuku seseorang bisa dikaitkan kepada kesehatan seseorang. Meski dilakukan perawatan terhadap kuku khususnya kaum wanita, namun pada kuku kita bisa mengetahui tanda-tanda penyakit. Di bawah ini adalah beberapa kelianan bentuk kuku sebagai tanda penyakit bagi si pemilik kuku.

Kuku menyerupai sebuah tanduk penutup yang berada di ujung jari tangan dan kaki pada manusia. amplop tanduk-seperti meliputi ujung jari tangan dan kaki pada manusia, pada sebagian besar primata non-manusia, dan beberapa mamalia lainnya. Kuku juga dapat dikatakan mirip atau sejenis dengan cakar pada hewan lainnya. Baik kuku tangan dan kuku kaki adalah sebuah lapisan keratin yang terbuat dari protein pelindung yang tangguh. Protein ini juga ditemukan pada tanduk berbagai binatang. (Sumber: Wikipedia ~nail anatomy)

Kelainan pada bentuk kuku dan perubahan warna kuku pada seseorang patut dicermati. Coba lihat dengan seksama apakah masih dapat dikategorikan sebagai bentuk kuku normal? Jika tidak, coba lihat adakah gejala-gejala yang disebutkan di bawah ini.

Menurut US National Library of Medicine, inilah 5 kelainan penampilan bentuk kuku sebagai tanda penyakit seseorang:

1. Kuku yang bentuknya cekung dapat menandakan kekurangan gizi.

2. Bentuk kuku yang abnormal, seperti bentuk gunung dengan kurva ke dalam, menandakan anemia, kekurangan zat besi.


3. Bintik-bintik putih di kuku dapat menunjukkan leukonychia, yang dapat disebabkan oleh defisiensi zinc atau keracunan logam berat. (Baca juga: Manfaat zat seng untuk kesehatan)

4. Warna kuku yang abnormal atau terlalu terang menunjukkan infeksi, yang sering disebabkan oleh jamur atau ragi.

5. Bercak darah di kuku dapat menandakan infeksi, terutama infeksi yang mempengaruhi katup jantung.

Kelainan bentuk pada kuku dapat berkembang dengan seiring kesehatan anda. Menjadi suatu keharusan anda untuk menjaga pola hidup sehat anda jika memang didapati beberapa gejala tersebut diatas. Berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang paling untuk anda lakukan setelah anda dapat mengenali kelainan yang terjadi.

5 tanda penyakit dari bentuk kuku tersebut memang lain dari biasanya. Meski hanya sedikit perbedaan kelainan pada bentuk kuku dengan kuku normal lainnya, ternyata bisa menjadi tanda penyakit bagi seseorang.



%d bloggers like this: