10 Tips Mudah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami di Rumah

10 Tips Mudah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami di Rumah — Banyak cara untuk memutihkan gigi. Mulai dari cara memutihkan gigi alami sederhana hingga menggunakan cara-cara yang melibatkan dokter ahli gigi. Cara alami memutihkan gigi atau cara tradisional mumutihkan gigi lebih banyak dipilih karena tidak banyak menghabiskan biaya. Memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menjaga kebersihan dan putihnya warna gigi anda tentu akan terhitung lebih murah. Berikut infodari akan berbagi tips memutihkan gigi secara alami yang terangkum dari berbagai sumber.

Tingkat kuningnya gigi setiap orang berbeda-beda. Gigi yang sudah terlalu kuning akibat rokok, apalagi akibat antibiotik memerlukan penanganan yang lebih serius. Meski sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan sebagai usaha memutihkan gigi di rumah, gigi yang sudah terlalu kuning memerlukan perawatan ekstra.

Dalam kedokteran gigi, putihnya gigi memiliki kelas tertentu. Ada empat tingkatan warna gigi, yakni A, B, C, dan D. “Gigi di kelas A merupakan gigi dengan warna kekuningan. Kelas B merupakan gigi putih, C kategori keabuan dan D adalah gigi kecokelatan,” papar Lita. Orang Eropa biasanya memiliki gigi putih kategori A, sedangkan keturunan Asia masuk dalam kategori A. Gigi keabu-abuan biasanya dimiliki oleh orang yang terlalu banyak mengonsumsi obat antibiotik.

Setiap kelas terdiri dari 5 tingkatan. Dokter gigi akan menentukan dimana letak kelas gigi Anda. Jika Anda berada di tingkat A2, maka dengan menaikkan dua strip saja ke A4, gigi Anda akan terlihat lebih putih. Proses pemutihannya sendiri hanya memakan waktu sebentar. Tetapi untuk kasus yang cukup parah, misalnya orang dengan gigi keabu-abuan akibat antibiotik, dibutuhkan perawatan kosmetik gigi yang lebih lama.

Namun untuk anda yang memiliki warna gigi kuning yang belum terlalu parah, anda dapat mencoba cara alami memutihkan gigi berikut ini, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah di dapat dan mudah diolah berikut ini.

CARA MEMUTIHKAN GIGI KUNING SECARA ALAMI

1. Konsumsi Buah, Sayuran Renyah, dan Strawberry
Mengkonsumsi buah dan sayuran renyah ternyata bisa membantu anda membersihkan gigi setelah anda makan. Saat memakan buah dan sayuran renyah, ternyata noda yang tertinggal di gigi dapat ikut terangkat. Selain vitamin yang terkandung di dalamnya, strawberry juga mempunyai kemampuan untuk membantu memutihkan gigi juga menghilangkan noda karat pada gigi. Anda dapat memakan buah strawberry seperti biasa, atau menghaluskannya dan kemudian di oleskan pada permukaan gigi sebanyak 3x seminggu. Setelah dilakukan, gosok gigi anda seperti biasa. Ini merupakan salah satu cara alami untuk memutihkan gigi anda.

2. Siwak
Ada 70 keunggulan Siwak atau Miswak yang telah dibuktikan secara ilmiah. Dan salah satu manfaatnya adalah bisa memutihkan gigi.

3. Menggunakan Pasta Lemon dan garam
Membuat pasta gigi alami yang terbuat dari bahan jus lemon yang ditambahkan sedikit garam dapur juga dipercaya dapat membantu memutihkan gigi anda. Pasta lemon ini dapat menghilangkan karat dan kotoran pada permukaan gigi. Lakukan secara kontinyu atau teratur untuk mendapatkan hasilnya.

4. Menggunakan Kulit Jeruk.
Dengan menggosokkan kulit jeruk ke bagian dalam gigi anda, layaknya seperti menyikat gigi biasanya dengan teratur, juga dapat membantu memutihkan gigi. Ternyata kulit jeruk punya unsur pemutih yang lembut, dan mampu menghilangkan kotoran atau plak di gigi tanpa membahayakan lapisan email pada gigi.

5. Memanfaatkan Biji Pinang
Bijih pinang juga diyakini bisa memutihkan gigi dengan cara membakar biji pinang tersebut hingga hangus dan seperti arang. Kemudian haluskan hingga lembut. Gosokkan hasil biji pinang yang telah dihaluskan tadi dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan ini dalam frekuensi 2 minggu 1 kali. Cara ini pun dapat membantu anda menjaga gigi tetap bersih dan putih.

6. Memanfaatkan Daun Salam
Daun salam tak hanya digunakan untuk memasak. Memanfaatkan daun salam merupakan salah satu cara tradisional memutihkan gigi yang aman. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun salam, jemur, dan setelah kering remas-remas hingga bubuk. Tambahkan kulit jeruk yang juga telah dihaluskan, atau sudah menjadi bubuk. Campurkan keduanya, kemudian gosokkan ke gigi anda. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Konsumsi Produk Susu
Keju atau jenis makanan lainnya yang mengandung susu seperti yoghurt baik dikonsumsi untuk memutihkan dan menguatkan gigi anda. Kandungan kalsium di dalamnya cukup kuat untuk memelihara kesehatan gigi anda.

8. Menggunakan Baking Soda
Baking soda merupakan bahan lainnya yang bisa digunakan untuk memutihkan dan membersihkan gigi. Namun karena karakternya yang kuat dan keras, maka penggunaannya tidak boleh terlalu sering, cukup 1 atau 2 kali dalam sebulan. Dengan mengoleskan baking soda di seluruh permukaan gigi, yang didiamkan 5- 10 menit saja, dapat membantu anda memutihkan gigi, apalagi untuk memutihkan gigi kuning. Setelah itu, lakukan sikat gigi seperti biasa dengan menggunakan pasta gigi.

9. Menggunakan Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dapat digunakan sebagai pemutih gigi alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda dapat mencampurnya dengan sedikit saja baking soda dan sedikit garam untuk membuat pasta pemutih. Namun ingat penggunaan baking soda seperti yang telah dijelaskan di nomor 9 diatas.

10. Memanfaatkan Biji Asam
Memanfaatkan biji asam juga merupakan salah satu cara alami memutihkan gigi. Caranya cukup mudah :

  • Ambilah biji asam (klungsu) secukupnya dan cucilah sampai benar-benar bersih.
  • Goreng biji asam tersebut tampa minyak atau disangan (sangria).
  • Ketika sudah matang, tumbuklah biji asam tersebut sampai benar-benar halus.
  • Gosokan pada gigi anda yang kuning seperti halnya anda menggosok gigi dengan pasta gigi.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mumutihkan gigi. Selain menggunakan beberapa cara alami memutihkan gigi, anda juga dapat menggunakan cara mumutihkan gigi lainnya dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk dalam keseharian anda. Misalnya dengan menghindari kebiasaan merokok, tidak sikat gigi sehari dua kali, minum kopi yang berlebihan, red wine yang terlalu banyak dan kebiasaan-kebiasaan tidak baik lainnya.

Makan permen yang mengandung Xylitol juga bisa membantu memutihkan gigi. Dengan mengkonsumsi xylitol ternyata dapat mencegah timbulnya plak pada gigi yang di sebabkan oleh gula. Dan ternyata permen yang mengandung xylitol dapat menetralisir ph pada mulut dan dapat memperbanyak produksi air liur. Karena air liur merupakan membdrsih alami pada gigi, air liur dapat membawa retakan dan kotoran pada gigi yang ada dalam mulut.

Alternatif lain yang digunakan untuk memutihkan gigi dengan cepat ataupun lambat adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang bukan merupakan bahan tradisional. Tapi cara ini terhitung cukup mahal. Maka sesuaikan dengan budget anda. Klik tombol SPOILER berikut untuk melihat cara memutihkan gigi lainnya, yang dikutip dari Lawalangy.wordpress.com,

Cara paling umum yang dipilih untuk memutihkan gigi biasanya dengan gel. Namun, bisa juga dengan bantuan sinar laser atau selotip pemutih gigi.

1. Pemutihan dengan Gel

Pemutihan dengan menggunakan gel merupakan pemutihan yang bisa dilakukan di rumah. Yang harus dilakukan pasien sebelum melakukan pemutihan adalah memeriksakan gigi pada dokter untuk dilihat keadaannya. Jika ia memiliki gigi berlubang, maka gigi-gigi tersebut akan ditambal lebih dulu untuk menghindari iritasi. Gel yang masuk ke dalam sela gigi dan gusi akan menyebabkan rasa linu yang cukup berat.
Setelah penambalan dilakukan, dokter pun kemudian akan mencetak gigi. Ini berguna saat pembuatan sampel tray (wadah) gigi di laboratorium. Setelah beberapa hari, tray akan siap dan pelaksanaan kosmetik gigi dengan menggunakan gel bisa dilakukan di rumah.
Cara memutihkannya adalah sebagai berikut: oleskan gel pemutih pada tray, lalu pasang tray pada gigi, lantas ditekan untuk mengeluarkan kelebihan gel agar tidak belepotan di gusi. Kelebihan gel tadi dibersihkan dengan menggunakan cotton bud. “Pemutihan dilakukan selama tidur malam. Saat bangun pagi, tray baru bisa dilepas, setelah itu gosok gigi dan bersihkan tray-nya,” kata Lita. Selama gigi tidak mengalami masalah, seperti tanggal atau lainnya, maka masih bisa digunakan. Jika dilakukan selama tiga hari berturut-turut, maka gigi putih yang diidamkan pun akan segera dimiliki.
Sebagai catatan, jika rasa ngilu muncul akibat perawatan ini, sebaiknya pemutihan gigi dihentikan dua tau tiga hari sampai rasa ngilu tidak lagi terasa. “Kemudian untuk melihat perubahan dengan jelas, lakukan pemutihan gigi hanya pada bagian rahang atas atau bawah lebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa melihat perbedaan antara sesudah dan sebelum perawatan,” ujar Lita. Biaya satu paket perawatan gigi dengan gel ini berkisar Rp. 1,5 – 2 juta. Oh ya, pasien juga boleh memilih rasa gelnya, mau rasa mint, pisang atau lainnya.

2. Pemutihan dengan Laser

Pemutihan dengan cara ini biasanya dilakukan untuk kasus yang cukup parah. “Tidak seperti gel, kosmetik gigi ini harus dilakukan di klinik dengan bantuan dokter gigi. Ini disebabkan kandungan pemutih giginya lebih tinggi – sampai 35 mili, sementara komposisi dalam gel pemutih hanya 10 –15 mili, sehingga jika tidak dilakukan dengan hati-hati, maka akan mengakibatkan rasa ngilu yang cukup berat,” kata Lita. Karena bisa mengakibatkan iritasi pada gusi, maka dokter biasanya akan memberikan pengamanan terlebih dahulu pada gusi.
Setelah itu, pada proses pemutihannya, gusi akan disinari dengan sinar yang cukup tinggi, kemudian dibilas dan disinari lagi. Perubahan akan terlihat hanya dalam waktu 0,5 – 1 jam. Untuk hasil yang baik, pasien harus melakukan perawatan gigi seperti biasa dengan baik, misalnya teratur menggosok gigi.

3. Pemutihan dengan selotip pemutih

Ini adalah pemutihan gigi paling cepat, hanya butuh waktu setengah jam. Tetapi, hasilnya tidak awet. Jika pemutihan lain bisa bertahan 3 tahun, dengan selotip hanya bertahan beberapa hari saja. Pada proses pemutihannya, selotip pemutih ditempelkan pada gigi selama setengah jam. Dan setelah dilepaskan, gigi akan tampak menjadi lebih putih. Cara ini juga merupakan cara sekali pakai.
Jika pada kesempatan lain warna gigi sudah berubah, pemasangan selotip bisa digunakan kembali. Biasanya, satu paket selotip pemutih memiliki masa kadaluarsa dua tahun. “Harga satu paket selostip cukup mahal, yaitu Rp 750 – 1 juta.”

Membiasakan hidup bersih dengan menggosok gigi secara teratur setiap hari, atau bahkan jika perlu gunakan benang pembersih gigi, untuk lebih meyakinkan kebersihan gigi hingga ke sela-sela gigi adalah cara alami terbaik merawat gigi anda. Bersihkan gigi anda dari makanan tersisa di gigi setelah anda sarapan pagi, makan siang, makan malam, atau setelah makan dan minum apa saja. Kebiasaan ini pun niscaya akan membantu anda untuk menghindari masalah bau mulut dan masalah sakit gigi. Menggunakan pasta gigi yang mengandung formula pemutih gigi hydrogen peroksida, gliserin, carbopol atau sodium hidroksida juga baik dilakukan namun harus sesuai petunjuk dokter. Periksakan ke secara rutin kesehatan gigi anda ke dokter misalnya setiap 6 bulan sekali.

( Sumber: http://lawalangy.wordpress.com/2007/06/25/memutihkan-gigi-lakukan-saja-dirumah/ dan rangkuman dari berbagai sumber)

Daftarkan Email Anda untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Infodari ...

Tinggalkan pesan atau komentar anda

Your email address will not be published.

*



seven − = 3


%d bloggers like this: