10 Tips Mencegah Datangnya Jerawat di Kulit Wajah

10 Tips Mencegah Datangnya Jerawat di Kulit Wajah — Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik mencegah datangnya jerawat di kulit wajah daripada mengobatinya. Anda harus punya kebiasaan pola kebiasaan yang baik untuk menjaga kebersihan kulit wajah anda. Mengobati jerawat memang bisa dilakukan dengan mudah, tapi alangkah baiknya jika kita bisa menghindari datangnya jerawat. Karena kadang-kadang, mengobati jerawat yang sudah ada, sering meninggalkan bekas.

10 Tips mencegah datangnya jerawat di kulit wajah anda.

1. Menjaga kebersihan wajah.

Menjaga kebersihan wajah adalah cara yang paling dasar untuk menghindari datangnya jerawat.  Dengan mencuci wajah 2 kali sehari, tentu timbunan minyak di wajah anda akan terkontrol dan bisa dikurangi. Jarang membersihkan wajah sama saja dengan anda mengijinkan bakteri bakteri tinggal di kulit wajah anda. Dan yang perlu diperhatikan, jangan sekali-kali menggosok wajah secara berlebihan. Gunakan jari tengah dan jari kelingking untuk membersihkan, memijit atau menyapu kulit wajah anda, karena tekanan kedua jari ini akan lebih ringan dari pada menggunaka semua jari atau jari yang lainnya. Penekanan pada kulit wajah yang berlebihan akan meningkatkan produksi minyak sobaceous berlebih sehingga kulit wajah anda akan menjadi kurang sehat. Gunakan jenis sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit anda. Selain itu, hindarilah menyentuh jerawat seperti menusuk dan memijit karena hal ini dapat menimbulkan infeksi dan meninggalkan bekas jerawat.

2. Menyesuaikan kosmetik yang  sesuai dengan jenis kulit.

Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, kulit kering gunakan kosmetik untuk kulit kering, dan seterusnya.  Ketidakcocokan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda akan mengundang jerawat tumbuh di wajah anda. Akan lebih baik anda tidak terlalu sering menggunakan kosmetik berat. Atau jika anda memang harus sering menggunakan kosmetik berat, maka pandai-pandailah menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit wajah anda.

3. Hindari kosmetik yang mengandung banyak minyak.

Kulit wajah selalu memproduksi minyak, banyak sedikitnya minyak yang diproduksi tergantung pada jenis kulit masing-masing. Jadi jangan gunakan kosmetik yang menggunakan minyak berlebih untuk wajah jenis berminyak. Minyak dan debu yang ada di wajah akan menjadi media bakteri akan senang untuk tinggal lebih lama di wajah kita.

4. Mengeringkan wajah.

Untuk mengeringkan wajah kita dengan handuk yang bersih dan lembut setelah cuci muka atau mandi.  Bakteri akan lebih senang tinggal di area atau tempat yang lembab dan kotor.

5. Minum air putih

Minum air putih memang banyak manfaatnya untuk tubuh anda, begitu juga untuk wajah anda. Air putih berpengaruh kepada kesehatan kulit wajah anda. Hampir 70% kulit kita terdiri dari air. Minumlah air mineral atau air putih paling sedikit 2 liter sehari, agar kulit wajah anda tidak kering dan terjaga stabilitas kelembabannya. Kulit akan lebih elastis dan tentunya proses metabolisme melalui kulit (keringat) lebih baik.

6. Gunakan pelembab kulit yang cocok.

Karena anda harus mengeringkan wajah anda dari minya, bukan berarti wajah anda harus benar-benar kering dan tidak sehat. Disini anda harus tetap bisa menjaga tingkat atau kadar kelembaban kulit wajah anda yang seimbang. Untuk kulit kering, pelembab akan sangat membantu keseimbangan kadar kelembaban pada kulit wajah. Sekarang sudah banyak tersedia produk pelembab yang bukan mengandung banyak lemak, melainkan berbahan dasar air. Pilihlah pelembab yang berbahan dasar air.

7. Membersihkan wajah sebelum tidur.

Cuci atau bersihkan wajah anda sebelum anda beranjak tidur.  Karena saat tidur, kulit akan beregenerasi. Mencuci wajah sebelum tidur, akan memperlancar proses regenarasi dan proses recovery sel kulit wajah dengan baik. Membersihkan wajah sebelum tidur juga bisa membuat tidur anda lebih nyaman dan anda tidak akan kesulitan tidur di malam hari.

8. Konsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar tidak hanya akan menyehatkan kulit wajah, tetapi juga dapat mencegah dari kerusakan rambut, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan keseluruhan tubuh anda. Asupan vitamin dan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan akan banyak berpengaruh untuk menjaga kesehatan kulit anda untuk tetap segar dan bersih.  Untukurusan kulit, perbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin E. Konsumsi sayur-sayuran ( bayam, daun bawang, wortel, daun melinjo) dan juga buah-buahan (pisang, tomat, jeruk, nanas, mentimun dll ) hampir semua pakar perawatan kulit menyarankan mengkonsumsi bahan makana diatas Karena zat yang terkandung akan memicu kelenjar secaceous yang berfungsi untuk menghasilkan minyak.

9. Tidur yang cukup dan teratur.

Tidur yang cukup dan teratur akan memberikan kesempatan kepada kulit anda untuk melakukan recovery dengan lebih baik. Saat anda tidur, kulit anda akan melakukan suatu proses recovery. Jadi biarkan kulit anda punya waktu yang cukup untuk mengembalikan kesegarannya setiap hari.

10. Kurangi makanan berlemak dan minuman beralkohol.

Kurangi makanan berlemak, termasuk gorengan dan minuman beralkohol. Hal ini akan memungkinkan kulit wajah anda memproduksi minyak secara berlebih.

Tak jarang orang mempunyai gaya hidup dan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari bisa merusak kulit. Padahal untuk mencegah datangnya jerawat, anda perlu benar-benar menjaga kebersihan wajah anda dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Demikianlah 10 tips mencegah datangnya jerawat di kulit wajah anda. Namun untuk anda yang sudah terlanjur dihinggapi jerawat ada baiknya anda menggunakan cara alami menghilangkan jerawat daripada menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan kimia. Kuncinya disini, anda disarankan untuk bisa merawat wajah anda secara teratur untuk bisa mendapatkan kulit sehat dan bebas jerawat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: