fikathiana April 12, 2017 @ 5:03AM

Para blogger tentu sudah familiar dengan istilah blogwalking. Sebagai salah satu usaha untuk mempromosikan blognya, biasanya para blogger sering melakukan blogwalking. Namun terkadang, tak sedikit yang melakukan blogwalking melakukan hal-hal yang tidak tidak baik, yaitu misalnya menjadi spammer, meninggalkan komentar yang kurang atau bahkan tidak penting ke blog lain. Ada beberapa hal penting yang dianjurkan saat melakukan blogwalking, agar anda menjadi blogwalker yang baik.

tips untuk blogwalkingAda satu hal lagi yang sering terlupakan saat blogwalking. Seorang blogwalker, terkadang tidak memperhatikan blog yang dikunjunginya itu merupakan blog dofollow atau nofollow. Padahal hal yang satu ini cukup penting diketahui, jika blogger ingin mendapatkan backlink pada blog yang dikunjunginya dari komentar yang ditinggalkannya.

Apa sih blogwalking itu?

Secara singkat, blogwalking itu adalah kegiatan jalan-jalan mengunjungi blog satu ke blog lainnya. Dengan blogwalking, kemudian para blogger bisa saling meninggalkan komentar, bertukar link, mendapatkan backlink, mempelajari blog satu dengan blog lainnya, bertukar informasi, dan masih banyak lagi. Akan lebih baik jika blogwalking dilakukan untuk mengunjungi blog-blog yang visitornya banyak, pagerank nya besar, dan blog tesebut dofollow.

Banyak sekali hal positif yang bisa didapat dari serangkaian kegiatan blogwalking, terutama untuk kegiatan SEO, dan sebagai salah usaha promosi blog. Meski sebenarnya kadang-kadang kita suka malas untuk blogwalking, bahkan ada yang menganggap bahwa blogwalking itu tidak perlu. Banyak juga yang menganggap dengan mendaftarkan blog ke situs situs social bookmarking luar maupun sosial bookmark lokal, ke blog direktori, ke jejaring sosial, itu saja sudah cukup. Ada baiknya sekarang kita lihat, kenapa sebagian blogger juga menganggap bahwa blogwalking itu termasuk salah satu hal penting untuk dilakukan?

Apa sih manfaat blogwalking?

Inilah beberapa alasan kenapa kegiatan blogwalking itu penting untuk dilakukan dan sangat disarankan untuk meninggalkan komentar. Berikut yang infodari kutip dari famousbloggers:



Manfaat atau Keuntungan melakukan Blogwalking:

  1. Membantu blog anda mendapatkan trafik pengunjung.
  2. Memberikan dan memperjelas eksistensi dan visibilitas. Memperkenalkan keberadaan anda dan blog anda, dan mengakrabkan diri dengan blog lain.
  3. Membangun dan mengembangkan popularitas link blog anda.
  4. Mendapatkan backlink dari blog-blog yang dikunjungi.
  5. Promosi blog dan Marketing gratis.
  6. Mendapatkan ide untuk menulis artikel baru.
  7. Memperkaya dan memperkuat kata kunci di konten dengan memanfaatkan anchor text pada komentar yang ditinggalkan.
  8. Meningkatkan Kemampuan Menulis.
  9. Membangun pertemanan atau relationship.

Nah, itulah beberapa hal penting mengapa meninggalkan komentar di blogwalking itu penting. Sekarang, mari kita lihat, apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan blogwalking, agar blogwalking bisa saling memberikan manfaat yang baik untuk anda, dan blog yang anda kunjungi.

Tips melakukan blogwalking:

  1. Sesuaikan komentar yang ditinggalkan dengan topik blog atau topik yang dibahas di artikel yang akan anda tinggali komentar. Berikan komentar yang sopan, baik, bermanfaat dan bersahabat. Jangan meninggalkan komentar di luar jalur pembahasan artikel yang sedang dikunjungi. Jangan sampai anda dianggap seorang spammer.
  2. Lakukan blogwalking secara rutin dan teratur, termasuk untuk memperkenalkan artikel-artikel baru yang ditulis di blog.
  3. Lebih fokus melakukan blogwalking dengan meninggalkan komentar-komentar yang baik, di blog yang menggunakan “Top Commentator“, “CommentLuvdofollow, dan pagerank besar, jika anda berharap mendapatkan backlink dari mereka.
  4. Akan lebih baik meninggalkan komentar di artikel, daripada meninggalkan komentar di shoutbox atau sejenisnya. Hal ini akan lebih menarik perhatian pemilik blog, dan lebih interaktif.
  5. Hindari menyisipkan tulisan berupa alamat link (misalnya: http://****) di komentar, hal ini bisa menyebabkan anda di cap sebagai spammer. Akan lebih baik jika menyisipkan link berupa anchor text yang sesuai dengan topik bahasan artikel di atasnya, atau anchor text keyword yang kita tuju.
  6. Perbanyak komentar di blog yang memiliki niche atau topik yang sama, topik yang sejenis, atau topik yang berkaitan dengan blog kita.
  7. Meminta bertukar link pada blog-blog yang dianggap bagus, bermanfaat dan layak untuk diajak bertukar link. (Perhatikan point nomor 3 dan 6).
  8. Berlangganan RSS feed blog yang dianggap bagus menurut anda, untuk dapat tetap mengetahui perkembangan blog-blog terkait.
  9. Ada baiknya melakukan blogwalking manual daripada menggunakan autoblogwalking.
  10. Berlakulah bijak dan tinggalkanlah kesan yang yang baik kepada blog-blog yang dikunjungi, dan kepada sesama pengunjung atau komentator. Hal ini dapat menimbulkan rasa saling ketertarikan untuk saling mengunjungi dan meninggalkan komentar lainnya, dari pemilik blog, pengunjung/pembaca, komentator lainnya di blog yang kita kunjungi, untuk kemudian melakukan kunjungan balik ke blog kita.

Dari keseluruhan tips untuk blogwalking yang diberikan, sebenarnya yang paling penting adalah satu hal, yaitu jadilah blogwalker yang baik dan berkualitas, yang bisa menimbulkan rasa ketertarikan untuk saling bekunjung. Karena kunjungan demi kunjungan akan lebih berkualitas dan bermanfaat bagi sesama blogger. Jangan sampai menimbulkan citra anda dan blog anda menjadi tidak baik. So, be wise, dear blogger! Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dalam melakukan blogwalking kedepannya.

(Hasil rangkuman dari sumber: http://www.bloggerpemula.info/10-tips-promosi-blog-dengan-blogwalking/
http://www.famousbloggers.net/comments-benefits.html)