Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Oct 3, 2012 in Tips n Trick, Wanita | 0 comments

10 Tips Cara Membangun Kepercayaan Diri pada Anak Perempuan

Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak PerempuanBagaimana cara membangun percaya diri anak perempuan anda? Anak perempuan yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan bimbingan ekstra untuk membangun kepercayaan dirinya. Saat ia masuk ke dalam lingkungan baru, seperti masuk sekolah, baik itu Playgroup atau TK, maka dengan sendirinya sang anak perempuan harus menyesuaikan diri. Infodari akan berbagi informasi tentang 10 Tips Cara Membangun Kepercayaan Diri pada Anak Perempuan.

Sebagian anak perempuan merasa tidak percaya diri ketika masuk ke lingkungan baru. Hal ini bisa membuat sang anak menjadi malu untuk berinovasi. Disinilah peran penting orang tua untuk membantu sang anak membuka diri dan membangkitkan kepercayaan diri mereka.

Ada 10 cara mudah membangun kepercayaan diri anak perempuan. Cara ini juga bisa digunakan untuk melatih ketahanan untuk menghadapi kesulitan di masa mendatang.

1. Membangun Ketegasan.

Bimbing dan ajarkan kepada anak perempuan anda agar ia bisa mengekspresikan atau menyatakan kebutuhannya kepada orang tua atau orang yang lebih tua. Ajarkan juga agar ia mampu mempertahankan keberadaannya diantara teman-teman sekelilignya. Jika suatu saat ada temannya yang berbuat tidak baik kepada dirinya, maka anda bisa mendorong di untuk mengekspresikan dan mengutarakan ketidaksukaannya dengan baik, misalnya ” Saya tidak suka cara kamu berbicara dengan saya.” Maka dengan begitu ia sudah bisa mengekspresikan apa kebutuhannya, apa yang dia butuhkan dari seorang teman yang berbicara tidak baik kepadanya. Dia akan bisa bersikap tegas kepada hal-hal disekelilingnya dengan cara mengungkapkan apa yang dia inginkan.

2. Membuat pujian anda lebih spesifik.

Ketika anda bilang kepada anak anda, betapa pintar dirinya, itu berarti anda memberikan pujian yang sifatnya sangat luas. Akan lebih baik jika anda mengatakan kepada anak anda “Wah, kamu pandai menghafal ya”, atau “Anak mama pintar mengingat ya”, atau “Wah hebat, anak ibu benar-benar tahu apa itu mobil.”

3. Membuat pujian yang sesuai dengan kenyataan.

Seorang anak yang sudah duduk di kelas tiga atau lebih, akan menyadari bahwa dirinya bukan seorang ahli di bidang musik, atau mengetahui bahwa dirinya bukan artis terkenal. Jadi usahakan tidak memberikan pujian yang tidak sesuai, misalnya “Wah, kamu sudah pintar sekali main musiknya”, padahal sebenarnya ia baru saja mempelajarinya dan belum menguasainya sama sekali.

Tapi seorang anak perempuan akan lebih mengerti dan menghargai jika¬† anda mengatakan improvisasi atau perkembangan dirinya dari waktu ke waktu berikutnya. Misalnya. “Sebulan yang lalu, kamu baru belajar musik. Hebat, sekarang anak mama sudah pintar membaca not dan sudah bisa menghafal solmisasi.”

4. Bantu anak perempuan mengerti mengapa terkadang dia diundang, ditinggalkan, atau tidak dilibatkan.

Jelaskan dengan lugas kepada anak bahwa jika ia tidak selalu diundang ke setiap pesta ulang tahun. Atau Ia tidak selalu diajak untuk bermain lompat tali. Jelaskan kepada sang anak, bahwa itu semua bukanlah suatu penghinaan, atau bukanlah karena orang lain tidak suka kepada dirinya. Dan mungkin anda bisa memberikan penjelasan halus kepada sang anak bahwa mungkin temannya sedang tidak ingin bermain.

5. Dorong Kompetensi

Jangan terlalu cepat untuk membantu pekerjaan rumah / PR atau tugas-tugas anak anda. Biarkan ia berusaha dan bekerja keras untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Jika ia meminta bantuan, coba katakan untuk berusaha lebih lagi. Berikan ia sedikit waktu untuk ia kembali berusaha mengerjakannya. Jika benar-benar dia sudah tidak bisa, barulah berikan bantuan anda. Dengan begitu, anda melatih anda untuk mempunyai kekuatan dan kompeten.

6. Dorong untuk bermain olah raga jika dia ingin.

Anak perempuan lebih punya banyak pilihan berolah raga. Jika anak perempuan menginginkan melakukan senam, atau bermain bola, berikan ia kesempatan untuk mencobanya. Dan cari tahu dimana kemampuan yang dimiliki dirinya. Jangan memutuskan sendiri jenis olah raga yang paling tepat untuk anak perempuan anda. Ia bisa menemukan sendiri apa yang dia suka. Dengan begitu ia akan lebih loyal kepada apa yang disukai.

7. Jangan membuat asumsi tentang kekuatan dan kelemahan.

Hanya karena dia anak perempuan, bukan berarti dia bisa hanya bisa memperjuangkan atau menggeluti dan menyukai satu bidang saja. Bukan tidak mungkin jika ia ingin pergi memancing. Coba anda ikuti sinyal-sinyal petunjuk dari dirinya, untuk memelihara kekuatan pada dirinya, dan melakukan pengembangan yang baik atau memperbaiki kelemahan-kelemahannya. Dengan begitu, anda bisa membangun pribadi anak perempuan yang menyenangkan, tanpa anda harus mengasumsikan kekuatan dan kelemahan pada dirinya.

8. Mendorong Citra tubuh yang sehat.

Jika anak perempuan bertanya kepada sang ibunda, “Apakah saya cantik?”, maka jawablah dengan tegas dan antusias “Ya”. Ketika anda memuji penampilannya, coba untuk memfokuskan pujian anda kepada tindakannya, juga dengan mengatakan “Kamu terlihat begitu anggun di kelas senam hari ini”, atau “Mama lihat dari mata kamu, anak mama kelihatan sungguh senang dan bersinar di atas panggung tadi.”

Hal ini juga dapat bermanfaat baik anak perempuan yang lebih tua untuk mendengar bahwa model-model dalam majalah tampak tidak seperti aslinya. Mereka membuat sedikit perubahan-perubahan atau editting yang dibuat sedemikian rupa agar foto-foto mereka di majalah tampak lebih sempurna dari asliniya.

9. Mempersiapkan dirinya untuk mengetahui perbedaan dirinya dan lawan jenis.

Berikan penjelasan kepada anak perempuan apa yang bisa dikerjakan oleh laki-laki dan oleh perempuan. Misalnya kalau perempuan bisa hamil dan melahirkan seorang anak, tetapi laki-laki tidak. Berikan perbedaan nyata dan benar, yang ada di dunia nyata tentang laki-laki dan perempuan, yang bukan hanya sebatas mitos, atau pendapat saja.

10. Tunjukkan hal positif sebagai perempuan.

Ambil setiap kesempatan, baik anda sedang menonton, membaca, bermain, dan yang lainnya, untuk menunjukkan bahwa orang hebat perempuan, seperti atlit, senator, guru, dokter, punya gelar Science Master, bisa  berbuat banyak hal yang positif, terus berkembang dan sukses. Ia bahkan bisa menjadi wanita inspiratif yang baik bagi orang lain.

Membaca buku dengan karakter wanita yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ide cemerlang tanpa melalui kursus ataupun perkuliahan. Jika anda tidak tahu buku apa yang harus dibaca, maka mintalah pendapat dari pustakawan yang dapat merekomendasikan buku-buku wanita yang baik apa saja yang bisa anda baca.

Nah, itulah sedikit tips tentang bagaimana bangkitkan percaya diri anak perempuan. Semoga bermanfaat ya, terutama bagi para orang tua yang memiliki anak perempuan yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 × nine =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>