10 Program Penting yang Harus Terinstall pada Komputer

10 Program penting yang harus terinstall pada komputer anda. Atas dasar ingin berbagi pengalaman, 10 program penting ini bisa membuat komputer anda tetap aman dan terawat, seperti yang biasa saya lakukan pada komputer di rumah maupun di kantor. Ini yang biasa saya pasang di komputer, setiap saya menginstall ulang windows pada komputer saya.

10 Program penting yang harus terinstall pada komputer

1. Anti Virus, Anti Maleware dan Anti Spyware.
Program ini diperlukan untuk menjaga keamanan privacy data anda yang tersimpan di komputer, maupun diĀ  saat anda online ataupun offline. Banyak antivirus berbayar maupun gratis yang bisa jadi pilihan anda, seperti Avira Antivir, Kaspersky, Bit Devender, Superanti Spyware, Avast, AVG Anti Virus dan program keamananan lainnya.

2. Program perawatan dan System maintanance
Program ini diperlukan untuk menjaga kestabilan, kesehatan serta kebersihan sistem komputer anda. Dengan program-program ini bisa membersihkan, memperbaiki, merawat, mendefrag, memperbaiki kerusakan system dan data lainnya pada komputer anda. Banyak berbagai pilihan yang dapat anda gunakan seperti, Tune Up Utilities, Advance System Care, System CleanUp atau CC Cleaner.

3. Program kantor dan file extractor.
Program ini digunakan untuk memfasilitasi pekerjaan anda, baik di kantor ataupun di rumah. Microsoft office ini adalah program umum yang sebaiknya anda pasang.
Untuk file extractor, biasanya saya hanya menggunakan WinRar dan Winzip.

4. Browser
Untuk berbagai keperluan menggunakan internet, browser internet sangat wajib anda miliki. Anda boleh pilih browser apapun yang anda suka. Saya biasanya memasang beberapa macam browser dalam 1 pc, yaitu Mozilla FireFox, Google Chrome dan Opera. Ketiganya sama-sama bagus, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda boleh lengkapi dengan Download Managernya, untuk mempercepat kerja Download atau upload anda di internet.

5. Program pemutar musik dan video, edit gambar.
Saya tak pernah ketinggalan menginstall program yang berkaitan dengan musik dan video. Sebenarnya Windows sendiri sudah menyediakannya, yaitu Windows media player, namun saya lebih suka memasang WinAmp, Real Player, Quick Time, Jet Audio dan Cyberlink PowerDVD. Jangan lupa install juga codec-codec nya.
Untuk program edit menampilkan gambar dan edit, saya biasa menggunakan Adobe Photoshop, Corel Draw, dan ACDSee Pro.

6. Program Chatting
Program chatting yang biasa saya gunakan adalah Yahoo Messanger dan CamFrog. Anda boleh gunakan software chatting lainnya yang anda suka selain yang saya gunakan di atas. Anda bisa gunakan software chatting 2D atau 3D.

7. Program pendukung komunikasi ponsel.
Karena saya menggunakan Nokia dan Blackberry, maka saya selalu memasang PC Suite Nokia dan Desktop Manager Blackberry. Anda bisa sesuaikan dengan ponsel yang anda punya. Program ini saya pasang agar ponsel saya dan komputer bisa berkomunikasi, seperti saling memindahkan file, membackup data-data di ponsel.

8. Program pendukung browser.
Yang terpenting anda menginstal Adobe Reader Adobe Flash Player terbaru, Shockwave. Biasanya setiap anda update terbaru, browser anda akan meminta update terbaru program-program tersebut, agar penggunaan browser anda bisa lebih maksimal.

9. Program pembuatan CD/DVD
Yang biasa saya gunakan untuk pembuatan CD/DVD adalah Nero (Burning CD tool). Dan biasanya saya juga menginstall program virtual CD seperti Power Iso.

10. Games.
Ini yang paling tidak boleh ketinggalan buat saya, hehehe. Games ini selalu saya gunakan untuk mengisi waktu luang saya, atau menghibur saya pada saat saya sedang jenuh. Biasanya saya menginstall software-software game yang saya beli cd/dvd nya, baik game kecil maupun game online besar. Saya biasanya menginstall game-game berukuran kecil dari Mini Clip atau dari hasil download di internet lainnya. Game berukuran besar (Multiplayer Online Games) seperti Perfect World, Rohan dan Highstreet 5. Dan beberapa game game besar yang tidak multiplayer yang sengaja saya beli saat saya berburu games baru di toko cd/dvd games.

Itulah 10 program paling penting yang harus saya install di komputer setiap kali saya menginstall Windows. Software lainnya juga saya tambahkan, tapi sifatnya hanya pilihan atau pelengkap keperluan saya lainnya seperti pekerjaan menggambar 3D saya, saya gunakan Auto Cad dan 3D Max. Namun program-program seperti itu adalah program pendukung pekerjaan yang setiap orang berbeda kebutuhannya, sesuai pekerjaannya masing-masing. 10 program paling penting diatas adalah program penting yang harus di install pada komputer orang pada umumnya, atau merupakan program dasar yang harus di install pada komputer orang pada umumnya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: